Dinas Kearsipan Sosialisasi Pengawasan

Dinas Kearsipan Sosialisasi Pengawasan

CIREBON - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon menyelenggarakan sosialisasi pengawasan kearsipan yang diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah/Satuan Kerja Perangkat Daerah (OPD/SKPD), di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon, Selasa (18/2).

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, H Suhartono SSos MM menyampaikan, arsip memiliki arti penting karena membantu suatu organisasi dalam mencapai tujuan. Arsip merupakan rekaman suatu kegiatan dalam penyelenggaraan pemerintah, sehingga pengelolaannya harus sesuai dengan aturan yang ada. Untuk itu, sosialisasi ini dilakukan, agar seluruh SKPD paham ketentuan dan aturan pengelolaan dan pengawasan arsip.

\"Bulan Maret akan dilakukan audit dan pengawasan kearsipan di tiap SKPD. Audit dan pengawasan ini akan dilakukan oleh kami dan provinsi. Kabupaten Cirebon merupakan satu di antara empat kabupaten di Jawa Barat yang masuk kategori penilaian arsip memuaskan. Dan ini penghargaan secara nasional. Mudah-mudahan tahun depan kami juga mendapatkan hasil memuaskan begitupun dengan SKPD lain,\" jelasnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon Drs H Imron MAg mengatakan, keberadaan sebuah arsip bukan suatu hal yang diciptakan secara khusus, tetapi arsip lahir secara otomatis sebagai khas proses pelaksanaan tugas oleh instansi pemerintah. Serta sebagai bukti pelaksanaan kegiatan administratif yang merupakan rekaman informasi yang tersebar dalam berbagai media.

\"Dengan demikian, keberadaan arsip sebenarnya merupakan bukti berfungsinya kegiatan pemerintah, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan. Sekaligus merupakan endapan informasi berbagai kegiatan dan kebijakan yang telah dilaksanakan oleh instansi bersangkutan. Sehingga harus dikelola secara khusus dengan petugas yang terlatih. Begitupun dengan Alquran dan Hadits, saya harap arsip jangan hanya disimpan tapi dikaji untuk anak cucu kita,\" tuturnya.

Seiring dengan itu, Kepala Pusat Akreditasi/Pengawasan Kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Rudi Anton menuturkan, sosialisasi ini bertujuan agar Kabupaten Cirebon bisa melakukan pengawasan internal terhadap penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon. Diharapkan, dengan penyelenggaraan pengawasan internal, dapat dilihat kondisi riil penyelengaraan kearsipannya.

\"Selain itu, kita juga bisa mendorong perbaikan atau perubahan penyelengaraan kearsipan menuju arah kesempurnaan. Kami dorong Kabupaten Cirebon juga punya inovasi, selain ada arsip aset juga ada arsip keluarga, juga punya soft copy arsipnya. Karena jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, seperti bencana alam maka punya arsip,\" katanya.

\"Kita berharap dengan pertemuan ini, bisa mendorong Kabupaten Cirebon ke arah kabupaten percontohan tertib arsip di Indonesia. Semoga masing-masing SKPD akan memulai menata arsipnya sesuai ketentuan peraturan yang berlaku dengan berbasis IT/TIK,\" tukasnya. (via)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: