TPT Ambrol, Ancam Rumah Nana

TPT Ambrol, Ancam Rumah Nana

KUNINGAN - Musibah tanah longsor terjadi di Desa Sukamukti, Kecamatan Jalaksana, menyebabkan sebuah rumah warga di Blok Manis terancam ambruk, Rabu (19/2) petang.

Berdasarkan informasi dihimpun, bencana tanah longsor tersebut terjadi pada Rabu petang sekitar pukul 17.30 WIB. Hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak pukul 15.00 WIB menyebabkan tembok penahan tebing (TPT) setinggi 15 meter ambrol hingga menyebabkan rumah yang ditempati keluarga Nana Yuhana nyaris ikut terseret. Namun, ambruknya tanah di belakang rumah Nana tersebut menyebabkan sebagian genteng ikut berjatuhan.

\"Beruntung saat kejadian rumah tersebut dalam keadaan kosong, sehingga jatuhnya genteng tidak sampai menyebabkan korban. Hanya saja, kondisi rumah sudah sangat mengkhawatirkan, karena posisinya kini sudah persis di atas jurang,\" ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan Agus Mauludin.

Agus mengatakan, kejadian tanah longsor yang mengancam rumah keluarga Nana tersebut telah mendapat penanganan timnya dengan melakukan assesement. Selain itu, pihaknya bersama pemerintah desa dan warga dibantu aparat dari Koramil dan Polsek Jalaksana pun sudah melakukan upaya pembersihan material untuk mencegah bencana longsor susulan terjadi.

\"Kami sudah pasang terpal untuk menutup lapisan tanah dari hujan agar tidak longsor lagi. Selanjutnya sudah direncanakan akan ada pengerahan massa pada hari Jumat untuk bergotong royong melakukan perbaikan rumah dan juga pembenahan lingkungan,\" ujar Agus. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: