RA An Nawa Kembangkan Kemampuan Linguistik

RA An Nawa Kembangkan Kemampuan Linguistik

CIREBON – Membiasakan anak untuk belajar berlatih mengembangkan kemampuan linguistik dasarnya, Raudhatul Athfal (RA) An-Nawa II memprogramkan hari tematik linguistik bagi para peserta didiknya.

Staf pengajar RA An-Nawa II Sofiah SPd menjelaskan, salah satu upaya tersebut dilakukan dengan cara memprogramkan arabic day setiap hari jumat. Yakni, dalam beraktifitas di sekolah, para siswa diajarkan menyebutkan nama benda-benda dan komunikasi dasar dengan bahasa Arab.

Selain itu, dalam hari-hari tertentu juga diprogramkan English Day, para murid ketika berkomunikasi dengan guru menggunakan kata-kata sederhana dalam Bahasa Inggris. Kemudian menyebutkan nama-nama benda yang mudah dihapal.

Dia menambahkan, dalam hal proses kegiatan belajar mengajar dengan pola seperti ini, diharapkan anak akan lebih mudah mengingat makna kata dan istilah dalam bahasa asing, karena sering didengar dan diucapkan maka akan cepat melekat di ingatan anak yang masih fresh.

“Misalnya kalau bertegur sapa antara guru dan murid, menanyakan kabar menggunakan bahasa-bahasa Arab atau Inggris. Tapi, dilakukan dengan berama-ramah, sehingga diharapkan anak-anak akan mudah mengingat arti dan makna kata-kata istilah dalam bahasa asing,” ujarnya. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: