Cara Masjid Besar An Nur Cempaka Arum Melayani Umat

Cara Masjid Besar An Nur Cempaka Arum Melayani Umat

Dari umat untuk umat. Dari jamaah untuk jamaah. Prinsip itulah yang dianut dan dijadikan salah satu program keumatan oleh DKM Masjid Besar Annur Cempaka Arum, yang saat ini sudah lebih dari enam bulan dijalankan.

ANDRI WIGUNA, Cirebon

JAMAAH salat Jumat di Masjid Besar Annur di Cempaka Arum, Talun selalu banyak. Usut punya usut, ternyata masjid yang berada di samping SPBU Talun ini, rutin menyediakan makan siang secara cuma-cuma untuk seluruh jamaah yang datang menunaikan salat Jumat di masjid yang sudah dibangun sejak tahun 80-an tersebut.

Alasan pengurus DKM sengaja bagi-bagi makan siang, untuk memakmurkan masjid dan menyalurkan amal ibadah umat atau jamaah Masjid Besar Annur.

“Prinsip kita, dari umat untuk umat. Semuanya ini pemberian umat, jadi kita hanya menyalurkan. Kalau untuk makan gratis itu kita sediakan sudah sekitar 6 bulanan,” ujar Ketua DKM Masjid Besar An Nur, Abdurahman MAg  saat ditemui Radar, kemarin.

Tidak hanya makan gratis, DKM Masjid Besar An Nur juga menyediakan minuman segar, kopi, teh manis dan lain-lainnya untuk seluruh jamaah yang datang. Bahkan saat Radar datang berkunjung Jumat (21/2), ada pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis dengan pemberian obat yang digagas DKM dan pihak Dokkes Polresta Cirebon.

“Yang kita sediakan ini semuanya gratis. Dari mulai makan, minum sampai pelayanan kesehatan. Rutin setiap minggu kita dibantu ibu-ibu komplek dan warga sekitar. Sekarang kita gandeng polisi untuk pelayanan kesehatan,” imbuhnya.

Tidak berhenti disitu, saat ini DKM Masjid Besar An Nur juga menyiapkan program-program keumatan lainnya, yakni santunan anak yatim yang secara simbolis dimulai pada Jumat (21/2), lumbung pangan, Ta’jil untuk buka puasa Senin dan Kamis, belajar bareng mengaji untuk anak-anak, dan siapapun yang punya niat belajar dan mendalami agama. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: