Disdukcapil Kota Cirebon Siap Berikan Layanan E-KTP Keliling Lagi

Disdukcapil Kota Cirebon Siap Berikan Layanan E-KTP Keliling Lagi

CIREBON - Struktural di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon sudah terisi semua. Mulai dari eselon IV hingga eselon III, kini lengkap. Dalam waktu dekat, disdukcapil bakal melakukan percepatan layanan dengan turun langsung ke masyarakat.

Kepala Disdukcapil, Atang Dahlan menjelaskan, pasca pelantikan pejabat eselon III dan IV termasuk di lingkungan disdukcapil, komposisi struktural sudah tidak ada masalah. Diharapkan, dengan kelengkapan SDM, pelayanan dapat terus ditingkatkan.

“Sudah terisi. Kami akan kembali memberikan pelayanan keliling dan langsung turun lapangan,” ujar Atang, kepada Radar Cirebon, Selasa (25/2).

Pelayanan keliling kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) yang menjadi andalan Disdukcapil Kota Cirebon dalam menjangkau masyarakat sempat terhenti, karena kekurangan personel. Di tengah kondisi itu, pejabat yang tersisa mesti merangkap bidang atau seksi lainnya.

Sampai saat ini sudah ada 7 ribu blangko E-KTP yang didapatkan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Tahap pertama 2 ribu, tahap kedua 2 ribu dan tahap ketiga 3 ribu blangko.

Dengan blangko E-KTP yang ada, minimal 20 hari bisa diselesaikan pencetakan. Namun demikian prioritas pencetakan tetap untuk PRR (print ready record) 1.181 dan suket (surat keterangan) 11.429.

Diharapkan, ketika blangko tinggal 500 keping lagi, kemendagri segera memberikan pasokan untuk Kota Cirebon. “Mudah-mudahan jumlahnya sesuai yang kita minta,” ucap dia. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: