35 Rumah Diterjang Puting Beliung

35 Rumah Diterjang Puting Beliung

CIREBON – Selain banjir, musibah puting beliung juga menimpa warga Kabupaten Cirebon. Puluhan rumah di Desa Karangsari, Kecamatan Waled mengalami kerusakan, dua di antaranya mengalami rusak berat, Sabtu sore (29/2).

Kuwu Karangsari, Ida Eka Rosida kepada Radar Cirebon mengatakan, ada sekitar 35 rumah warganya yang terkena terjangan angin puting beliung, sehingga menyebabkan kerusakan. Dua rumah rusak berat milik Iin dan Dahlan, satu penggilingan rusak berat, sisanya 32 rumah rusak ringan. Semuanya terjadi di Blok Pon.

“Hujan waktu itu belum besar. Ada warga yang melihat katanya angin itu muter, angin muter itu kan puting beliung,” ujarnya.

Ida mengatakan, selain menimpa rumah, angin puting beliung juga menyebabkan beberapa pohon tumbang. Empat pohon jati di makam tumbang, satu pohon duwet di pinggir jalan juga ikut tumbang.

Terpisah, salah satu pemilik rumah yang terkena puting beliung, Dahlan kepada Radar Cirebon mengatakan, rumahnya termasuk dalam kategori rusak berat. “Tembok atap dekat atap roboh, sehingga terlihat bolong,” ungkapnya.

Beruntung, dalam kejadian tersebut tidak ada korban luka maupun jiwa. “Ada istri saya dan orang tua di dalam rumah. Namun waktu tembok ambrol, mereka langsung keluar tidak ada yang luka,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu rumah milik Wastim, warga Blok Pon RT 10 RW 03 Desa Pasaleman, Kecamatan Pasaleman ambruk rata dengan tanah pada Minggu pagi (1/3).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Eman Sulaeman kepada Radar Cirebon mengatakan, ambruknya rumah milik Wastim, karena sudah lapuk dan memang rawan roboh. “Kondisi rumah yang sudah tua dan lapuk, serta berada di bibir sungai,” jelasnya sembari memastikan, saat rumah ambruk, tidak terdapat korban jiwa ataupun luka. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: