5 Jam Jalur Cigugur-Cirebon Lumpuh

5 Jam Jalur Cigugur-Cirebon Lumpuh

KUNINGAN - Jalan provinsi ruas Cigugur-Cirebon lumpuh selama hampir 5 jam, tepatnya di Dusun Pahing RT 04 RW 12 Kelurahan/Kecamatan Cigugur. Sebuah rumpun bambu dengan batang ratusan di pinggiran jalan tersebut, mendadak ambrol, lalu tumbang ke tengah hingga menutup total jalan.

Tidak ada korban luka, apalagi korban jiwa. Kebetulan saat itu masih pagi sekitar pukul 6.30 WIB. Hujan turun tidak begitu besar, hanya gerimis. Jalanan pun tengah sepi. Diduga kuat, tanah dapuran pohon bambu itu sudah labil. Sehingga mudah dengan sendirinya ambrol, tumbang.

Beberapa pengendara roda dua maupun roda empat yang hendak melintas jalan lebar berhotmix mulus itu, cukup terhenyak ketika jalanan sudah tertutup rimbun pohon bambu.

Tidak lama, aparat kepolisian dan koramil terdekat bersama warga tiba di lokasi. Begitu juga Tim Assesment Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan dengan mobil siaga lapangan warna oranyekebanggaannya.

Bersama warga, mereka tidak hanya mengatur lalu lintas, melainkan ikut membantu memotong rimbun pohon bambu lalu menyeretnya ke pinggiran jalan agar jalanan segera terbuka. Semakin siang jalanan utama provinsi ruas Cigugur-Cirebon yang semakin padat, membuat pengendara kecele.

Mereka harus kembali memutar mengambil jalan alternatif. Banyaknya batang pohon bambu tumbang membuat penanganan baru tuntas sekitar pukul 11.00 WIB. Jalanan provinsi ruas Cigugur-Cirebon pun kembali normal.

“Alhamdulillah nggak ada kecelakaan. Kita bersama aparat lain, dibantu warga sekitar sudah memotong habis dapuran bambu itu, lalu membersihkan jalanan,” aku Kepala BPBD Kuningan Agus Mauludin.(tat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: