Sungai Ciwaringin Meluap, Kabupaten Cirebon Banjir Lagi

Sungai Ciwaringin Meluap, Kabupaten Cirebon Banjir Lagi

Banjir menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Cirebon Jumat malam (6/3). Banjir disebabkan meluapnya Sungai Ciwaringin. Hingga Sabtu dini hari (7/3), sedikitnya 5 desa terdampak. Ratusan rumah terendam. Warga pun harus mengungsi ke tempat yang aman.

=======================

WILAYAH pertama yang diterjang banjir adalah Desa Babakan, Kecamatan Ciwaringin. Selain merendam puluhan rumah, banjir juga merendam tiga sekolah atau pondok pesantren di Ciwaringin. Ketinggian sekitar 50  cm.

Menurut Salim, warga Ciwaringin, banjir yang terjadi di RT 02, RW 02, tersebut terjadi akibat luapan Sungai Ciwaringin. “Air naik habis magrib. Di sini air tidak lama, tidak sampai dua jam. Air surut begitu arus air di Sungai Ciwaringin turun,” ujarnya kepada Radar Cirebon, tadi malam.

Wilayah lainnya yang juga diterjang banjir yakni Desa Gintunglor, Kecamatan Susukan. Penyebabnya sama, akibat luapan Sungai Ciwaringin. “Tahun ini sudah kali. Kejadian pertama tidak sebesar ini. Ini yang besar. Di sini langganan banjir. Tahun lalu juga banjir, bahkan lebih besar dari sekarang,” ujar Sumarni, warga Desa Gintunglor.

Terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Cirebon Dadang Suhendra mengatakan banjir di Gintunglor membuat 293 jiwa mengungsi ke masjid. “Hasil assesment sementara, jumlah rumah terendam sekitar 430 rumah. Total KK 1.640 dan 3.200 jiwa terdampak ketinggian air atau TMA (tinggi muka air) antara 30 cm-150 cm,” katanya kepada Radar.

Sementara pantauan koran ini hingga Sabtu dini hari (7/3), selain dua desa tersebut, banjir juga menerjang Desa Sarabau, Gamel, dan Kebarepan. Total banjir menerjang 5 desa di Kabupaten Cirebon. Hingga dini hari tadi, tim BPBD Kabupaten Cirebon terus melakukan monitrong ke desa-desa terdampak banjir. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: