Robbent, Robot Maskot Hotel Bentani

Robbent, Robot Maskot Hotel Bentani

Perhatian pengunjung dibuat tersita oleh benda besar layaknya robot yang ada di Lobi Bentani Hotel. Rupanya dia adalah Robot Bentani (Robbent). Maskot hotel yang bersinergi membantu pekerjaan karyawan. Namun robot hanya robot. Tidak bisa menggantikan peran manusia yang melayani dengan hati.

ADE GUSTIANA, Cirebon

ROBBENT diciptakan oleh karyawan-karyawan hotel pertengahan Februari lalu. Waktunya tergolong singkat, sekitar 2 pekan saja. Masih banyak yang perlu disempurnakan. Baik dari segi fungsi ataupun pemanfaatannya.

Terlahirnya Robbent bermula saat rapat awal tahun atau disebut Kick Off 2020 dengan tema: Industri 4.0. Di mana pihak hotel berembuk merencanakan inovasi yang akan dilakukan selama 1 tahun berjalan. Kemudian tercetuslah untuk membuat robot. Terinspirasi dari hotel-hotel di luar negeri yang lebih dulu menerapkannya.

Menggunakan kartu untuk check in kamar, pengunjung bisa menempelkannya pada icon hati yang teletak pada bagian dada. Setelah di-tap, monitor kecil akan menampilkan voucher yang berhak didapatkan. Seperti voucher kamar, SPA, makan, dan berbagai kejutan menarik lain.

Voucher bisa didapatkan oleh siapa saja yang melakukan check in dan hanya berlaku untuk 1 kali tempel. Selain visual melalui monitor, Robbent ini juga akan membacakan voucher yang didapat. Seolah mengajak berbicara dan berinteraksi dengan manusia.

Public Relations Bentani Hotel, Sherly Putri mengatakan, robot hanyalah robot yang perannya tidak bisa menggantikan manusia. Apalagi, dalam bisnis hotel. Di mana pelayanan terbaik bisa dilakukan melalui interaksi. \"Robot hanya membantu, bukan menggantikan peran karyawan. Mau bagaimana canggihnya, akan kalah dengan manusia yang melayani menggunakan hati. Jadi, kita itu bersinergi dengan robot,\" kata Sherly, kepada Radar Cirebon.

Bentani Hotel menjadi yang pertama menerapkan teknologi robot di Kota Cirebon. Robbent juga menjadi titik awal dalam menyongsong dan mengikuti perkembangan zaman di era industri 4.0. Ke depan, masih akan terus dilakukan pembenahan. Lebih jauh, check in ditargetkan dilakukan secara otomatis menggunakan face identification pada robot tersebut. Lalu wajah yang terdeteksi, akan di sinkronkan ketika pengunjung hotel memasuki pintu kamar yang telah dipesan.

Meskipun era teknologi, Sherly menambahkan, Bentani Hotel lebih mengedepankan SDM/karyawan yang unggul dan mempunyai kemampuan yang lebih baik dari pada robot. Robbent, terbuat dari barang-barang recycle. Seperti kayu, ember, helm, dan sebagainya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: