Harlah Ke-20, SMK Salafiyah Plumbon Buka Kelas Industri

Harlah Ke-20, SMK Salafiyah Plumbon Buka Kelas Industri

CIREBON - Memasuki usia ke-20, SMK Salafiyah Plumbon Cirebon menggelar kegiatan Harlah ke-20 yang mengambil tema Pendewasaan Menuju Perubahan Karakter yang Mandiri. Digelar pada Sabtu (7/3), kegiatan berjalan meriah dengan sejumlah rangkaian.

Ketua Pelaksana Kegiatan Harlah ke-20 SM Salafiyah Plumbon Cirebon, Fanovolta Nicolas R SPd menuturkan, rangkaian kegiatan dimulai dengan pembukaan, murotal, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pemotongan tumpeng, peniupan lilin dan pemotongan kue, pelepasan balon, dan jalan sehat.

Jalan sehat dilakukan dengan konsep parade ekstrakurikuler. Ada ekskul Paskibra, PMR, Pramuka, Salafiyah Pecinta Alam, English Guide, Olahraga, Pencak Silat, Rohis, dan Kesenian. \"Dalam kegiatan ini juga kami menggelar bakti sosial yang diberikan pada 20 anak yatim dan 20 jompo,\" terangnya.

Sementara itu, Kepala SMK Salafiyah Plumbon, Drs H Asep Kosta Jaya N MSi menyampaikan, selain sebagai rasa syukur, kegiatan ini juga digelar sebagai salah satu upaya syiar keberadaan SMK Salafiyah Plumbon Cirebon sebagai sekolah yang berkarakter dan bermutu.

\"Sesuai arahan menteri pendidikan dan kebudayaan, dalam kegiatan ini kami mengambil tema pendewasaan menuju perubahan karakter yang mandiri,\" ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan bertambahnya usia, SMK Salafiyah Plumbon Cirebon bisa memiliki kualitas lebih baik, lulusannya dapat diterima di jenjang perusahaan. Hingga saat ini, pihaknya telah bekerja sama dengan beragam perusahaan. Khusus di tahun ajaran kali ini, pihaknya akan membuka kelas Industri. Saat ini sudah dibuka pendaftaraannya untuk ajaran tahun baru di tahun ini. Nantinya setiap anak bisa mengikuti kelas magang di kelas XI selama 6 bulan dan mendapatkan gaji setengah UMR di perusahaan yang bersangkutan.

\"Kami bekerja sama dengan PT Cipta Mandiri Wirasakti dan PT High-Lex untuk kelas industri ini,\" terangnya.

Untuk jangka panjang, pihaknya akan segera membuka kelas otomotif. Diharapkan, kelas tersebut dapat lebih banyak menyerap dan menerima permintaan masyarakat. Saat ini, jurusan yang tersedia adalah Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, serta Teknik Komputer Jaringan. \"Alhamdulillah hingga saat ini, jumlah siswa setiap tahun terus bertambah. Oleh sebab itu, kami juga terus akan meningkatkan mutu. Salah satunya dengan membuka beragam kelas baru secara bertahap,\" ungkapnya.

Target ke depan, pihaknya akan terus meng-upgrade sistem pembelajaran dengan berbasis IT. Sistem pembelajaran mengarah kepada digital berbasis android, baik setiap ujian maupun pembelajaran sehari -hari. Dan di tahun ini, pihaknya akan menggunakan touchscreen berlayar LED.

\"Kami berharap, ke depan lulusan kami bisa bersaing di dunia kerja. Dan setiap lulusan kami saat ini, bisa dapat kerja sebelum lulus,\" tukasnya. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: