Komisi III DPRD Majalengka Desak PUPR dan BBWS Bergerak

Komisi III DPRD Majalengka Desak PUPR dan BBWS Bergerak

MAJALENGKA- Komisi lll DPRD Kabupaten Majalengka memantau jalan rusak menunju Pondok Pesantren Asromo di Desa Pasirayu, Kecamatan Sindang, akhir pekan kemarin. Ketua Komisi III, Deni Koharuddin menyebutkan, dirinya bersama para anggota Komisi III meninjau langsung ke tiga lokasi jalan rusak di Kecamatan Sindang. 

Jalan yang ditinjau adalah jalan yang terputus akibat abrasi sungai, jembatan Desa Pasirayu yang hampir putus dan jalan menuju Pondok Pesantren Asromo yang tinggal separo jalan.

Deni mengaku prihatin dan merasa misir dengan kondisi jalan tersebut. Ia berharap Dinas PUPR bisa segera mengatasi kerusakan jalan dan jembatan tersebut. Selain PUPR, Komisi 3 juga berharap BBWS bisa mengambil tindakan untuk penanganan abrasi.

“Mengenai kerusakan jalan, jembatan maupun lokasi bantaran sungai, Komisi 3 meminta dinas terkait seperti BMCK, PUPR serta BBWS untuk segera membantu membangun kembali lokasi bencana tersebut agar masyarakat sekitar bisa beraktivitas normal kembali. Karena dengan putusnya jalan maupun jembatan, hal itu sangat berdampak bagi aktivitas masyarakat sekitar,” tandasnya.

Diungkapkan Deni, pihaknya juga melintasi kawasan Desa Cengal Kecamatan Maja. Menurutnya Di kawasan itu, banyak lahan di perbukitan di wilayah sekitar yang semula hutan lindung beralih fungsi menjadi sebuah ladang perkebunan jagung maupun sayuran lainnya. Akibatnya resapan air berkurang dan tidak ada penahan air saat hujan.

“Kami menghimbau khususnya kepada masyarakat untuk tidak melakukan perubahan status lahan yaitu hutan lindung menjadi ladang perkebunan. Kami juga mendorong pemerintah untuk menyososialisasikan program penanaman hutan kembali atau menghentikan alih pungsi hutan menjadi perkebunan,” jelasnya. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: