Juni, Perumda Air Minum Uji Coba Reservoir Baru

Juni, Perumda Air Minum Uji Coba Reservoir Baru

CIREBON – Reservoir yang akan digunakan oleh Perumda Air Minum Tirta Giri Nata, baru dapat difungsikan pada bulan Juni mendatang. Saat ini, pembangunannya sudah selesai, namun masih menyisakan beberapa proses sebelum benar-benar digunakan.

Direktur utama Perumda Air Minum Tirta Giri Nata, H Sofyan Satari SE MM menjelaskan, reservoir dengan kapastitas 9.000 meter kubik tersebut adalah gudang air raksasas. Nantinya diproyeksikan dapat menampung atau menyimpan cadangan air untuk disalurkan kepada 58 ribu lebih pelanggan.

Terkait rencana penyambungan interconnect pipa jaringan distribusi utama (JDU) yang akan mematikan sementara aliran air ke sejumlah daerah pelanggan, hal tersebut tengah dalam persiapan. Setelah itu, baru akan dilakukan pengujian terhadap keluatan penampungan air pada setiap layer di reservoir tersebut, sekaligus memeriksa apakah ada kebocoran atau tidaknya.

“Pasca selesai pembangunanya, masih belum bisa disambungkan karena ada tahapan-tahapan pengerjaan lainya. Dan ini masih kewenanganya pusat dan pelaksana. Ketika sudah tersambung semua, Insya Allah bulan Juni mulai dapat difungsikan,” ujar pria yang akrab disapa Opang ini.

Reservoir air nantinya akan menjadi penunjang operasional Perumda Air Minum. Terutama pada jam-jam sibuk pemakaian air. Di mana sebagian besar pelanggan menggunakan air secara bersamaan, biasanya pada pagi hari, tengah hari, dan sore hari.

Dalam kondisi ini, debit air yang keluar dari kran-kran pelanggan kerap kali mengecil. Dengan adanya reservoir diharapkan debit air dapat mengocor secara optimal dalam 24 jam.

Dia menambahkan, untuk rencana kenaikan tarif belum akan dilakukan pihaknya dalam waktu dekat ini, meskipun nantinya reservoir dan pengaliran air dari jaringan distribusi utama (JDU) sudah difungsikan. Pihaknya terlebih dulu akan melihat dampak dari pengoperasian reservoir tersebut dan melakukan survei terhadap kepuasan pelanggan.

“Mudah-mudahan dengan beroperasinya reservoir dan JDU nanti dapat meningkatkan jam pelayanan. Kita akan lakukan survei kepuasan pelanggan setelah itu,” imbuhnya. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: