Warga Binaan Dapat Edukasi Corona

Warga Binaan Dapat Edukasi Corona

CIREBON– Ratusan warga binaan Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Kelas I Cirebon mendapatkan pembinaan dan edukasi kesehatan, terkait kewaspadaan dan pencegahan terhadap virus Corona.

Sosialisasi ini, menggandeng Dinas Kesehatan Kota Cirebon agar warga binaan Lapas dapat terus meningkatkan kebersihan ruangan dan badan untuk menjaga kesehatan.

Kepala Keamanan Lapas Kelas I Cirebon, Purniawal menjelaskan, merebaknya situasi corona virus yang terjadi sejak akhir tahun 2019, telah ditetapkan menjadi Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (KKM) oleh World Health Organization (WHO) pada 30 Januari 2020.

Saat ini, Virus Corona (Covid-19) sedang menjadi sorotan dunia karena penyebarannya begitu cepat, termasuk merambah ke Indonesia. “Ini menimbulkan kekhawatiran bagi petugas dan warga binaan. Sehingga kami inisiasi untuk meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan jangan sampai virus tersebut masuk ke Lapas,” ujar Purniawal, kepada Radar Cirebon, Kamis (12/3).

Inisiasi ini dilakukan kegiatan sesuai dengan instruksi kepala Divisi Pemasyarakatan. Penyuluhan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Cirebon. Bahkan, bukan hanya terkait virus corona saja yang diulas dan diterangkan kepada warga binaan dan petugas Lapas, tapi juga penyakit berbahaya lainya seperti TBC.

Pihaknya menghadirkan pemateri Kabid P2P Dinkes Trimulyaningsih, dan penyuluhan TBC disampaikan oleh Dian Purbaningrum selaku pengelola program TB. Diharapkan setelah mendapatkan penyuluhan tersebut, warga binaan dan para petugas Lapas dapat terus menjaga kebersihan dan kesehatan ruangan serta anggota badannya. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: