Eksekutif-Legislatif Sepakati Proposal Hibah KPU

Eksekutif-Legislatif Sepakati Proposal Hibah KPU

CIREBON– Bupati Cirebon Drs H Imron MAg menyebut sudah melihat proposal dan pengajuan hibah dari KPU Kabupaten Cirebon. Ia pun menegaskan mendukung upaya tersebut selama bukan untuk kepentingan pribadi dan untuk kepentingan penguatan kelembagaan KPU.

Menurutnya, selama untuk kepentingan umum, maka Pemkab Cirebon akan mendukung dan mensupport KPU agar lembaga tersebut kuat dan nyaman dalam melaksanakan tugasnya.

“Kalau saya sangat setuju. Memang perlu itu (hibah, red), selama untuk kepentingan umum dan bukan untuk pribadi, maka pasti kita berikan,” ujarnya, kemarin.

Bahkan menurut mantan kepala Kemenag Kabupaten Cirebon itu, Pemkab Cirebon pun tak punya masalah jika harus menghibahkan aset tanah dan bangunan yang saat ini ditempati sebagai kantor KPU. Hal tersebut akan dilakukan oleh Pemkab Cirebon jika menjadi syarat agar gedung tersebut dibangun oleh KPU RI.

“Intinya saya dukung, tidak ada masalah selama semua syarat normatifnya ditempuh. Sebagai salah satu lembaga sentral, tentu KPU harus diperkuat,” imbuhnya.

Apa yang disampaikan oleh Imron tersebut, setali tiga uang dengan apa yang disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Rudiana SE. Menurut politisi PDIP tersebut, pihaknya sudah menerima ajuan proposal hibah tersebut dari KPU. Pada dasarnya, menurut Rudi, DPRD mendukung apa yang diwacanakan KPU, karena sangat erat kaitannya dengan penguatan lembaga dan pendidikan pemilih.

“Tadi sudah ketemu, kita bahas beberapa hal. Saya lihat apa yang diajukan ini bagus dan rasional. Kita tentu dukung. Apalagi saya lihat kantor KPU kurang representatif, perlu direvitalisasi,” ungkapnya.

Menurutnya, dari proposal yang ia baca, jumlah ajuan hibah dari KPU tersebut ada dua poin utama, yakni hibah gedung atau kantor dan yang kedua hibah untuk kegiatan rutin sebesar Rp330 juta.

“Mekanismenya apakah hibah langsung dari Pemkab ke KPU atau Pemkab yang bangun langsung itu teknis. Intinya, kita dukung upaya penguatan lembaga ini demi pemilu yang berkualitas,” pungkasnya. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: