Cegah Penyakit Menular, Brimob Bersih-bersih Terminal

Cegah Penyakit Menular, Brimob Bersih-bersih Terminal

CIREBON- Puluhan anggota Brimob Detasemen C Polda Jabar menyisir setiap sudut terminal kelas A Harjamukti Cirebon, Sabtu (14/3). Penyisiran ini bukan dalam rangka pengamanan dari aksi teror. Peralatan yang dibawa anggota Brimog tersebut juga bukan perlengkapan taktis dalam menangkal teror, melainkan sekop, gunting rumput, dan alat kebersihan lainya.

Penyisiran ini diketahui dalam rangka membantu menjaga kebersihan lokasi terminal, guna meminimalisasi lingkungan kotor yang rentan terhadap penyebaran penyakit menular. Anggota Brimob dan pengelola terminal Harjamukti, juga memberikan penyuluhan serta imbauan kepada para pengunjung serta penumpang untuk terus menjaga kebersihan di area-area yang menjadi tempat lalu lalang dan berkumpulnya orang banyak, termasuk di terminal.

Anggota Brimob juga memberikan informasi tentang cara mencuci tangan dan menggunakan masker yang baik dan benar kepada penumpang yang telah berada di dalam bus. Para sopir dan kondektur bus juga tidak luput dari pengarahan petugas untuk senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan penumpang selama berada di perjalanan sehingga dapat diantarkan sampai di lokasi tujuan.

Iptu Kandeg Wakil Komandan Kompi II Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar mengatakan, aksi penyisiran ini dilakukan sesuai instruksi pimpinan untuk ikut menjaga kebersihan dan kesehatan di fasilitas umum tempat berkumpulnya orang banyak. Seiring dengan adanya virus corona di negeri ini, maka pihaknya perlu ikut serta mencegah agar tidak meluas.

Koordinator pelayanan terminal tipe A Harjamukti Sardi mengatakan, setiap harinya pihaknya juga senantiasa menjalankan program kebersihan di lingkungan terminal. Namun, kebetulan hari itu ada puluhan yang anggota Brimob yang ikut membersihkan terminal, dan pihaknya merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini.

“Sebelumnya juga penumpang sempat dibagikan masker, namun kebetulan sudah beberapa hari ini kita cari stok masker di penjualnya sedang kosong,” sebutnya.

Untuk itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas kesehatan agar dapat diberikan bantuan persediaan masker serta cairan pencuci tangan, agar bisa digunakan oleh para penumpang yang baru tiba maupun hendak melakukan perjalanan menaiki bus dari terminal Tipe A Harjamukti. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: