Gali Potensi Ekspor Produk Lokal

Gali Potensi Ekspor Produk Lokal

CIREBON – Komunitas goexport.org kembali menggelar Bootcamp Export di Kota Cirebon, Sabtu (14/3). Agenda ini diharapkan dapat dijadikan momentum untuk mengembangkan potensi produk unggulan daerah yang dimiliki Ciayumajakuning agar bisa dijadikan komoditi ekspor.

Pembina goexport.org dr Asad SpTHT menjelaskan, para praktisi ekspor selama empat hari di Kota Cirebon ini akan diajak untuk menggali potensi produk unggulan daerah. Sebab, para praktisi ini punya pengalaman dan pengetahuan mengenai pangsa pasar negara tujuan, dan pengelolaan produk sehingga bisa dijadikan komoditi ekspor.

“Dengan hadirnya mereka di Cirebon ini, diharapkan akan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah Ciayumajakuning dan sekitarnya. Kawasan ekonomi strategis segitiga rebana menjadi peluang bagi kita untuk membuka pasar yang lebih luas dari produk-produk yang dimiliki daerah,” kata dr Asad.

Dia menjelaskan, di era global ini, meningkatkan ekspor produk lokal ke luar negeri merupakan strategi yang paling efektif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah, untuk menyedot uang dari luar ke dalam negeri agar perekonomian terus tumbuh dan berkembang.

Founder goexport.org Akir Saputra memaparkan, Bootcamp Export ini merupakan agenda rutin yang digelar komunitasnya, dengan member para praktisi ekspor dari berbagai daerah. Para membernya telah mengikuti beberapa kali kegiatan sehingga perlahan berkembang menjadi para eksportir.

Dia menjelaskan, di pertemuan bootcamp export sesi sebelumnya, telah memunculkan 9 eksportir baru. Dia berharap dari bootcamp ekspor kali ini, eksportir baru akan terus bertambah menjadi 20 orang.

Pihaknya telah mengagendakan sedikitnya lima kali bootcamp export ini. Di antaranya di Jakarta, Surabaya, dan dua kali di Cirebon. Pihaknya juga terus mendapat support dari pemerintah lewat atase perdagangan di kedutaan RI di luar negeri, serta kementerian terkait. Karena diklaim memiliki pola pelatihan yang efektif untuk menggembleng pengusaha lokal menjadi seorang eksportir (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: