Pemasaran Lewat Digital Marketing

Pemasaran  Lewat Digital Marketing

PERKEMBANGAN teknologi membuat setiap orang dipaksa untuk mengetahui dan mengerti cara penggunaan teknologi, maraknya media sosial yang berkembang di era  milenial saat ini dianggap memberikan dampak positif untuk berbagai kalangan, karena media sosial dapat digunakan sebagai alat komunikasi, alat menemukan informasi, dan alat untuk menjelajahi dunia, dengan media sosial maka setiap orang dapat memberikan informasi kepada orang lain salah satunya adalah memasarkan produk yang di hasilkan seseorang untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan orang lain.

Digital marketing digunakan sebagai salah satu cara modern karena seseorang dapat memasarkan produk yang dihasil menjadi lebih mudah dan sangat membantu dalam memberikan informasi tentang produk yang di tawarkan agar dapat diketahui oleh orang lain sekalipun itu jauh dari lokasi produk tersebut di produksi, dalam hal ini digital marketing sangat membantu perdagangan di Indonesia karena dengan adanya digital marketing maka setiap orang dapat memasarkan produk yang di hasilkannya ke orang lain dengan cara yang lebih modern dengan jumlah yang tak terbatas. Karena dengan adanya digital marketing maka konsumen yang akan membeli produk yang ditawarkan penjual tidak harus datang ke toko atau kelokasi produk tersebut dijual.

Di Indonesia masih banyak penjual yang belum mengetahui cara dan pikiran yang modern karena masih banyak penjual yang menawarkan produk yang di tawarkannya dengan cara yang tradisional, di tawarkan di pasar contohnya, atau penyebaran pamplet dimana – mana, namun dengan adanya perkembangan teknologi melalui media sosial setiap orang dapat memasarkan produk yang ditawarkannya melalui media sosial tersebut dengan berbagai aplikasi (Website, E-mail, Facebook, Instagram, Twitter, Whatshap,dll) yang  ada di handphone atau pc yang dimiliki, maka seseorang dapat dnegan mudah mendapatkan produk yang dibutuhkan dan diinginkan. Dengan adanya pemasaran secara digital maka penjual tidak harus mempunya toko real untuk menjualkan produk yang akan ditawarkan konsumen atau calon pembeli.

Pergeseran paradigma yang adadalam masyarakat tradisional yang masih sulit menerima perkembangan teknologi maka mau tidak mau masyarakat akan menerima dampak dari pembengan teknologi, jika bukan dampak positif maka akan menerima dampak negatif. Digital marketing hadir untuk membantu para marketer yang sulit menjualkan produk yang akan di pasarkan kepada calon pembelinya .selain itu digital marketing dilihat dari segi efektif dan efisiensi waktu sangatlah mendukung karena pembeli tidak harus datang ketoko produk yang diinginkan pembeli bisa pesan produk tersebut dengan cara onlie dan pengirimannya juga bisa dengan cara online.

Keunggulan digital marketing adalah yang pertama internet menjadi salah satu pusat online digital marketing dan media pemasaran yang sangat kuat, terjangkau dan efektif untuk mendapatkan umpan balik langsung dengan proses interaksi dan monitoring yang lebih mudah. Yang kedua Internet dapat digunakan baik untuk mengirim pesan kepada seseorang seperti email, IM, RSS, atau podcast, juga untuk menyebarluaskan konten, iklan banner dan bayar perklik (istilah iklan dalam mesin pencari). Oleh karena itu, internet dapat dianggap sebagai kombinasi dari push dan pull teknologi untuk melaksanakan kampanye pemasaran.

Selain itu dengan media digital online tersebut, memungkinkan organisasi bisnis dapat melihat secara real-time bagaimana kampanye pemasaran bekerja, seperti Apa yang sedang dilihat, seberapa sering, berapa lama, serta tindakan lain seperti tingkat respon dan pembelian yang dilakukan. Digital marketing online dapat didistribusikan pada tingkat yang lebih cepat dan jangkauan yang lebih luas dari komunikasi pemasaran tradisional.Media digital memungkinkan konsumen untuk menelusuri informasi lebih dalam yang dibutuhkan untuk membuat keputusan sebelum melakukan pembelian.Selain itu, konsumen dapat melakukan interaksi secara cepat dengan penjual berkenaan dengan produk yang ditawarkan. Digital marketing itu tidak hanya berhubungan dengan iklan semata, karena iklan merupakan salah satu cara dalam memasarkan produk yang sebenarnya kurang memilki kredibilitas. Hal tersebut bisa dilihat dari sekitar 76% orang yang tidak mempercayai iklan perusahaan karena dianggap berbohong.

Penjualan yang dilakukan secara online diharapkan dapat membantu panjual untuk memasarkan produk yang di produksinya,dari berbagai perspektif penjualan melalui media sosial maka dapat lebih efektif dan efisien di bandingkan dengan media tradisional.Maka dengan adanya digital marketing diharapkan dapat membantu penjualan dan memudahkan konsumen untuk mendapatkan produk yang di butuhkan dan diinginkannya.Dengan begitu masyarakat Indonesia bukan hanya mendaptakn dampak negarif dari adanya teknologi akan tetapi dapat menjadi pemanfaat yang baik untuk Indonesia kedepannya. (*/opl)

*Penulis adalah Mahasiswa Magister Manajeman Universitas Jendaral Soedirman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: