Syukuran Setahun Komisioner KPU Kabupaten Cirebon

Syukuran Setahun Komisioner KPU Kabupaten Cirebon

CIREBON - Sebuah acara sederhana digelar di aula KPU Kabupaten Cirebon, kemarin. Seluruh komisioner KPU Kabupaten Cirebon hadir, perwakilan PPK dan Bawaslu juga terlihat ada di ruangan merayakan syukuran sederhana setahun KPU Kabupaten Cirebon.

Tepuk tangan meriah terdengar dari aula KPU Kabupaten Cirebon, ketika salah satu komisioner KPU Apendi SE selesai memberikan sambutannya dalam kegiatan refleksi setahun komisioner KPU Kabupaten Cirebon.

Dalam sambutannya, Apendi menyampaikan beberapa hal yang harus dilakukan oleh keluarga besar KPU Kabupaten Cirebon. Yakni menjaga eksistensi,  komitmen dan yang paling penting adalah menjaga kepercayaan publik karena KPU merupakan lembaga penyelenggara pemilu.

“Apapun kondisinya, bagaimaapun situasinya, tiga hal ini harus tetap dijaga dan dijadikan pegangan. Menjaga eksistensi perlu, apalagi komitmen dan menjaga kepercayaan, tiga elemen ini tidak bisa dipisahkan,” ujarnya.

Menurutnya, anggaran yang ada di KPU memang minim, hampir 95 persen anggaran KPU habis untuk belanja pegawai. Sehingga praktis anggaran yang tersisa untuk seluruh kegiatan KPU dan lainnya, hanya sekitar 5 persen dari total anggaran tahun 2020 sebesar Rp2,9 miliar.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Dr H Sopidi MA terlihat menyemangati keluarga besar KPU.  Dalam kesempatan itu, dia menyebut keluarga besar KPU adalah orang-orang hebat dan spesial yang telah mengawal dan memastikan demokrasi berjalan dengan baik dan sesuai tracknya. Ia ingin optimisme tersebut menjadi energi untuk sama-sama bergerak mewujudkan cita-cita.

Di akhir pembicaraan, Sopidi meminta Pemkab Cirebon dan pihak-pihak lainnya seperti DPRD mendukung KPU dan memastikan seluruh program KPU bisa terlaksana baik di tahun ini maupun tahun-tahun mendatang. Pasalnya, program-program KPU yang belum disertai dengan anggaran tersebut berperan penting dalam meningkatakan pengetahun dan pendidikan politik bagi masyarakat yang nanti goalnya meningkatkan partisipasi pemilih. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: