Dana Stimulan Cair Pekan Depan, Baru 12 Cabor yang Memenuhi Persyaratan

Dana Stimulan Cair Pekan Depan, Baru 12 Cabor yang Memenuhi Persyaratan

CIREBON – KONI Kota Cirebon memastikan pendistribusian dana stimulan cabang olahraga (cabor) akan dimulai pekan depan. Demi mematuhi anjuran pemerintah untuk meminimalisasi kegiatan publik, KONI tidak akan menggelar acara seremonial. Dana stimulan akan diberikan secara bertahap mulai Selasa (24/3).

Ketua Umum KONI Kota Cirebon, Hj Wati Musilawati mengungkapkan, pendistribusian dana stimulan adalah salah satu agenda utama KONI di triwulan pertama tahun 2020. Rencananya sudah disusun sejak lama. Adanya wabah virus Corona atau Covid-19, tidak akan mengubah rencana tersebut.

Namun demikian, teknis pendistribusiannya, KONI sesuaikan dengan situasi terkini. Biasanya, KONI mengawali pencairan dengan mengundang pengurus induk organisasi cabang olahraga secara bersamaan untuk sosialisasi, sekaligus penyerahan dana stimulan tersebut.

“Kali ini, sosialisasi secara masal itu tidak kami lakukan. Demi meminimalisasi risiko penyeberan virus Corona,” katanya, kemarin.

Nantinya, KONI akan memanggil pengurus cabor satu per satu. Untuk gelombang pertama, hanya 12 cabor. Yaitu, cabor yang telah memenuhi persyaratan pencairan dana stimulan sesuai aturan yang telah ditetapkan KONI.

Ke-12 cabor tersebut adalah gulat (PGSI), renang (PRSI), gateball (Pergatsi), karate (Forki), selam (POSSI), boling (PBI), bridge (Gabsi), balap motor (IMI), bulu tangkis (PBSI), tenis lapang (Pelti), tenis meja (PTMSI) dan angkat berat, besi, binaraga (PABBSI).

Ke-12 cabor tersebut telah melengkapi berkas yang KONI minta. Antara lain, proposal anggaran 2020, laporan kegiatan dan anggaran tahun 2019, serta program kerja dan Surat Keputusan (SK) pengukuhan pengurus yang masih aktif.

“Senin (23/3) kita akan edarkan surat undangan untuk ke-12 cabor tersebut. Kita sudah atur jadwalnya. Selasa (24/3), kita akan terima mereka satu per satu di Sekretariat KONI,” terang Wakil Ketua II KONI Kota Cirebon, Eka Madya.

Sejatinya, ada 40 induk organisasi cabor dan dua badan fungsional olahraga yang ada di bawah naungan KONI. Itu artinya, baru sebagian kecil yang berhak menerima bantuan dana yang bersumber dari hibah daerah tersebut.

Menurut Eka, sejak Februari lalu, KONI sudah menyurati cabor dan badan fungsional olahraga yang ada di bawah naungannya. Isinya, mengimbau agar segera mengajukan dana stimulan dan melengkapi persyaratannya.

“Bagi cabor yang belum mengajukan, atau belum lengkap dokumen persyaratannya, kami harap segera. Supaya dana yang telah disediakan ini cepat terserap,” katanya. (ttr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: