Begini Kronologi Petugas Medis Kenakan APD Evakuasi Penumpang Bus Meninggal di Rest Area KM 102 Tol Cipali

Begini Kronologi Petugas Medis Kenakan APD Evakuasi Penumpang Bus Meninggal di Rest Area KM 102 Tol Cipali

SUBANG - Video petugas medis mengenakan alat pelindung diri (APD) yang mengevakuasi penumpang bus meninggal viral di mesia sosial. Kejadian itu berlangsung di Rest Area KM 102 Tol Cipali, Kabupaten Subang, Minggu (22/3).

Identitas korban diketahui bernama Temu Adi Saputra, alamat Pasir Lor RT/RW 03/03 Kelurahan Pasir Lor, Kecamatan Karang Lewas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Korban berangkat bersama dua temannya dari Terminal Kampung Rambutan Jakarta tujuan Kuningan menggunakan bus Primajasa nopol B 7653 FGA.

Dua teman korban diketahui Abdul Majid dan Sutarno, alamat DK. Gilan RT 002 RW 001 Kelurahan Plukaran, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Keduanya mengantar korban yang hendak pulang ke kampung halaman di Cirebon. Namun sampai di lokasi kejadian, korban meninggal dunia.

Viral Video Penumpang Bus Meninggal Dievakuasi Petugas Medis Kenakan APD di Rest Area KM 102 Tol Cipali

Kronologi kejadian berdasarkan data kepolisian menyebutkan, sekitar lukul 14.00 WIB, bus Primajasa transit di Rest Area KM 102 Tol Cipali untuk pengisian BBM. Sesampainya di SPBU KM 102, tepatnya di Pulau 5, salah satu temannya, Abdul Majid, membangunkan korban.

Tujuan Majid membangunkan korban untuk mengajak turun ke toilet dan membeli minuman. Namun pada saat dibangunkan, korban susah dibangunkan.

Setelah dilakukan pengecekan pernapasan, ternyata korban sudah tidak bernapas. Diduga korban meninggal dunia di dalam bus Primajasa dalam perjalanan.

Setelah itu Majid menginformasikan ke kondektur bus Primajasa. Mendapat informasi tersebut, kondektur bus melaporkan kepada Security Rest Area KM 102.

Pada pukul 14.40 WIB ambulans PT Lintas Marga Sedaya tiba di Rest Area KM 102. Karena tidak membawa peralatan yang lengkap, tim medis tidak berani untuk mengevakuasi jenazah, karena ditakutkan korbam mengidap virus corona (Covid-19).

Selanjutnya tim medis dan PJR Polda Jabar sepakat untuk membawa jenazah korban dibawa ke RSUD Ciereng Kabupaten Subang. Pada pukul 15.15 WIB, bus Primajasa dan ambulans PT Lintas Marga Sedaya degan pengawalan PJR Polda Jabar meninggalkan Rest Area 102 Cipali menuju RSUD Ciereng Kabupaten Subang.

Data kepolisian menyebutkan, korban diantar kedua temannya hendak ke kampung halaman Cirebon. Sebelumnya korban mengalami sakit dan sempat diperiksakan ke puskesmas. Dari keterangan puskesmas, korban diagnosa mengidap penyakit mag.

Namun, petugas medis dari PT Lintas Marga Sedaya yang datang tidak mau berisiko di tengah mewabahnya virus corona. Sehingga saat mengevakuasi korban, petugas mengenakan APD. Korban lantas dilarikan ke RSUD Ciereng Kabupaten Subang. (hsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: