Polri Buru Kelompok Anarko Pelaku Vandalisme di Bandung dan Jakarta

Polri Buru Kelompok Anarko Pelaku Vandalisme di Bandung dan Jakarta

JAKARTA - Pihak kepolisian menangkap pelaku vandalisme \'kill the rich\' yang dilakukan kelompok anarko (penganut paham anarkisme) di Kota Tangerang, Banten.

Kepala Polisi Daerah (Polda) Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, kelompok ini menyusun skenario agar tercipta penjarahan di sejumlah wilayah di Pulau Jawa saat wabah virus corona. 

Nana menyampaikan, akan memburu kelompok anarko yang berada di Jakarta, Bandung, serta kota-kota lainnya, yang terhubung dengan pelaku vandalisme provokatif di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Nana mengaku sudah melakukan pengembangan terhadap tiga orang yang ditangkap pertama atas aksi tersebut. Hasilnya, dua orang yang diduga berperan sebagai admin grup WhatsApp dan Telegram kelompok tersebut ditangkap.

\"Pada 18 April 2020 mereka berencana melakukan aksi besar-besaran di pulau Jawa, vandalisme, tujuannya menciptakan keresahan, dan memanfaatkan masyarakat untuk melakukan keonaran hingga penjarahan,\" ujar Nana dalam konferensi pers, Sabtu (11/4/2020), seperti dilansir CNN Indonesia.

Aksi tersebut sudah mulai dilakukan beberapa hari terakhir ini, dan sudah diorganisasi sedemikian rupa di beberapa wilayah seperti Jakarta, Bandung, dan beberapa kota lainnya di Pulau Jawa.

Dalam konferensi pers tersebut, Nana mengatakan anggota Polres dari Reskrim Tangerang Kota dan Krimum Polda Metro Jaya melakukan penyelidikan dan melakukan penangkapan pada Jumat (10/4) di lokasi sebuah kafe yaitu di kafe Egaliter di wilayah Kota Tangerang. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: