Jelang Ramadan, Sembako Stabil

Jelang Ramadan, Sembako Stabil

CIREBON - Kurang dari dua pekan lagi, bulan Ramadan tiba. Sejauh ini, harga sejumlah barang kebutuhan pokok terpantau normal. Bahkan ada yang mengalami penurunan harga. Hal ini menjadi buntut menurunnya permintaan pasar usai digencarkanya imbauan social distancing.

Pantauan Radar Cirebon di Pasar Induk Jagasatru, harga komoditas seperti daging ayam dan juga telur naik. Daging ayam yang sebelumnya Rp26 ribu/kilogram, naik menjadi Rp28 ribu. Sementara telur ayam, naik menjadi dari Rp23 ribu.

Sementara untuk daging sapi, harganya tetap bertahan di angka Rp115 ribu. Hal yang sama juga terjadi pada gula pasir yang harganya masih bertahan di Rp18 ribu. Harga gula pasir memang sejak beberapa miggu terakhir melonjak cukup tinggi dari harga eceran tertingginya yakni Rp12.500/kilogram.

Sementara itu, untuk komoditas lain sepeti bawang putih harganya masih berada di kisaran Rp38 ribu sampai Rp40 ribu/kilogram untuk bawang putih jenis hunan. Sementara untuk bawang putih kating, harganya juga tetap Rp45 ribu/kilogram.

“Untuk bawang merah juga tetap Rp40 ribu/kilogram. Memang harganya sudah tinggi. Tapi kan sudah lama. Belum turun turun lagi atau naik. Jadi masih stabil,” ucap Budi Santoso, salah satu pedagang.

Sementara untuk komoditas sayuran lain, cabai merah harganya terpantau masih di kisaran Rp18 ribu. Cabai rawit merah tetap di kisaran Rp45 ribu/kilogram. Begitupun dengan cabai rawit hijau yang dijual Rp22 ribu/kilogram. Tomat harganya tetap Rp9 ribu/kilogram. Kol Rp7 ribu/kilogram, jagung menjadi Rp9 ribu/kg.

Pedagang lainnya, Ela menambahkan, sejauh ini untuk harga sayur mayur masih stabil. Kalaupun fluktuatif tidak begitu signifikan. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: