Minta Mudik Diganti Silaturrahim lewat Medsos

Minta Mudik Diganti Silaturrahim lewat Medsos

CIREBON — Walikota Cirebon Nashrudin Azis berharap masyarakat Kota Cirebon di luar kota tidak mudik. Ia mengimbau, mudik diganti dengan silaturrahim melalui media sosial (medsos).

“Tahun 2020 ini saya berharap seluruh masyarakat Kota Cirebon tidak melakukan mudik. Namun bisa diganti dengan silaturrahim melalui media sosial. Banyak cara tanpa mengurangi kehikmatan kita dalam melaksanakan silaturrahim tersebut,” ujar Azis.

Ia juga mengatakan, kebijakan pemerintah Kota Cirebon dalam menghadapi arus mudik, mengacu terhadap apa yang telah ditentukan pemerintah pusat. “Prinsipnya, Pemkot Cirebon dengan kondisi dan situasi seperti saat ini, berkeinginan atau berharap mudik bisa ditangguhkan,” katanya.

Terkait banyaknya masyarakat yang masih hilir-mudik Kota Cirebon, Azis mengaku waswas. Ia sadar, Kota Cirebon adalah daerah yang ramai dikunjungi masyarakat dari luar kota. Untuk itu, Azis tegas meminta masyarakat dari luar Kota Cirebon untuk disiplin. Seperti melakukan karantina mandiri bagi mereka yang akan menetap dan tinggal.

“Saya juga meminta khususnya kepada seluruh warga Kota Cirebon untuk selalu menjaga sosial distancing, jaga jarak, dan tetap tinggal di rumah. Keluar rumah boleh, untuk melakukan hal yang memang tidak bisa ditinggalkan atau urgent,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon Edy Sugiarto mengimbau, masyarakat untuk berhenti melakukan transmisi. Serta selalu mematuhi protokol pencegahan atau kesehatan, dengan cuci tangan, jaga jarak, lalu diam di rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

“Masyarakat setop transmisi. Selalu jaga jarak, tinggal di rumah, cuci tangan pakai sabun,” ungkapnya. (ade)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: