Liga Prancis Musim 2019/2020 Resmi Dihentikan

Liga Prancis Musim 2019/2020 Resmi Dihentikan

PARIS – Kabar mengejutkan datang dari Liga Prancis. Perdana Menteri Prancis, Edouard Philippe, secara resmi mengumumkan larangan menggelar event olahraga apapun sebelum September 2020. Hal tersebut karena pandemi virus Corona menyerang Prancis hingga saat ini.

Dikutip dari Sky Sport, Liga Prancis yang tidak boleh dilangsungkan adalah pada semua level. Mulai dari Ligue 1, hingga divisi terbawahnya. Apa yang dilakukan tersebut sebagai langkah untuk mempermudah pembatasan lockdown akibat wabah virus Corona yang menjangkit di Prancis.

Hingga Selasa (28/4), jawara Piala Dunia 2018 tersebut mengalami 165 ribu lebih kasus positif Corona, dengan jumlah kematian lebih dari 23 ribu jiwa.

\"Musim 2019/2020 dalam olahraga profesional, termasuk sepak bola, tidak bisa dilanjutkan,\" ucap Phillipe dikutip Sky Sport, Rabu (29/4) dini hari WIB.

\"Akan mungkin di hari yang cerah untuk melakukan aktivitas olahraga individual di luar ruangan, tapi dengan mematuhi aturan jaga jarak. Dan tidak akan mungkin, untuk berlatih olahraga di tempat tertutup, baik olahraga tim atau olahraga yang mesti berkontak fisik,\" lanjut pernyataan tersebut.

Dengan demikian, Ligue 1 menjadi liga lima besar Eropa pertama yang menyudahi musim domestik, mengikuti jejak Eredivisie (Liga Belanda) yang lebih dahulu mengambil keputusan itu pada pekan lalu.

Sebelum Ligue 1 dihentikan, Paris Saint Germain (PSG) masih menghuni puncak klasemen sementara dengan selisih 12 poin dari Olympique Marseille. Sedangkan Rennes dan Lille ada di posisi ketiga dan keempat, sedangkan Toulouse berada di dasar klasemen.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keputusan tentang apakah PSG dihadiahi gelar juara Ligue 1 atau tidak musim 2019/2020 ini. Begitu juga bagi tim yang promosi dan degradasi. Seperti tim di Ligue 2, Lorient, Lens, Ajaccio, Troyes, dan Clermont berpeluang tidak akan promosi ke divisi teratas alias Ligue 1 musim depan. (mid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: