Ansu Fati Berpeluang Dibuang Barcelona

Ansu Fati Berpeluang Dibuang Barcelona

BARCELONA - Jika saja Ansu Fati bisa seperti Lionel Messi saat merumput di usia 17 tahun, mungkin Barcelona tak terlalu direpotkan oleh transfer saga Neymar Jr dari Paris Saint-Germain (PSG). Ya, sejak transfer musim panas tahun lalu, Neymar menjadi komoditi panas. Barcelona pun nyaris mendaratkannya kembali ke Camp Nou. Namun akhirnya, megatransfer itu tak kunjung terjadi. Meski Neymar sudah menyatakan keinginan hengkang, dia tetap bertahan di Paris Saint-Germain sampai sekarang.

Beruntung Barcelona akhrinya mempromosikan Ansu Fati, yang saat itu masih 16 tahun, untuk mengisi kekosongan yang sempat ditinggalkan Luis Suarez dan Lionel Messi karena cedera di awal musim. Setengah musim berjalan, rupanya penampilan Fati dianggap memuaskan. Tampil 20 kali musim ini, dia sudah menyarangkan lima gol.

Penundaan La Liga membuat para fans Barcelona kehilangan sosok Fati. Mereka masih merindukan kelihaian suksesor La Pulga -julukan Lionel Messi- tersebut. Fans pun tak mau perkembangan Fati jadi terhambat karena Barcelona menginginkan Neymar kembali. Apalagi, posisi utama keduanya sama dengan Neymar, yakni winger kiri.

Sudah jauh-jauh hari, Direktur Olahraga Barca, Eric Abidal, menyebut Ansu Fati adalah sedikit pemain yang tak tersentuh di Camp Nou. Itu terbukti, bahwa pemain berusia 17 tahun itu tidak ada dalam daftar transfer jualan dan pemain pinjaman pada musim depan. Barcelona menginginkan pemain berdarah Guinea Bissau itu tetap bersama sepanjang karirnya. \"Sejak Ansu menembus tim utama, dia sudah banyak berkontribusi. Dia bisa bermain di banyak posisi dan itu harus diperhitungkan,\" kata Abidal.

Namun, Marca melansir bahwa Fati kemungkinan besar akan diliburkan dari tim utama Barcelona. Dia diberitakan akan diturunkan ke tim Barcelona B setelah ini. Nasib Fati di tim utama seperti di persimpangan jalan. Dalam artikelnya, Marca menyebut, pelatih Barcelona, Quique Setien tengah memikirkan Fati untuk dikembalikan ke Barcelona B untuk sejenak.

\"Bagi Setien, sang pemain mendapatkan jam bermain yang terbatas di tim utama Barcelona. Alhasil itu berpengaruh pada perkembangannya sebagai seorang pemain,\" tulis Marca.

Dengan bermain di Barcelona B, sang penyerang bisa bermain dengan reguler sehingga ia bisa lebih optimal dalam mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Apalagi, Barcelona B berpeluang promosi ke kasta kedua Liga Spanyol (La Liga Smartbank) setelah masuk play-off Segunda B. Jika lolos, Barca akan menghasilkan keuntungan mencapai EUR10 juta (Rp170 miliar lebih).

Menurut laporan tersebut, Barcelona sebenarnya mendapatkan banyak tawaran peminjaman untuk Fati. Namun mereka menolaknya. Di tim utama, Ansu Fati memang harus bersaing dengan pemain seperti Lionel Messi, Luis Suarez, Antoine Griezmann, Martin Braithwaite dan Ousmane Dembele untuk mendapat tempat di tim musim depan.

Di atas mereka semua, ada juga kemungkinan kedatangan Lautaro Martinez dan Neymar, yang akan mendorong Ansu Fati terjun membela Barcelona B. Jika tim B mendapatkan promosi ke La Liga Smartbank, itu bisa menjadi peluang bagi bomber muda tersebut mendapatkan temapt di level tinggi tanpa harus bermain di tim utama. (mid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: