Covid-19 Tak Halangi Masyarakat Donor Darah

Covid-19 Tak Halangi Masyarakat Donor Darah

CIREBON – Masyarakat diminta untuk tetap mendonorkan darahnya di tengah pandemi. Sesuai arahan Ketua Umum Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla, virus corona tak ada hubungannya dengan donor darah.

Masyarakat yang sehat tetap dapat mendonorkan darahnya. Selain virus corona, wabah DBD saat ini juga menjadi perhatian bagi masyarakat. Untuk itu para relawan donor darah pun diimbau untuk berdonor demi kemanusiaan. 

Kepala Bidang Pengelolaan Darah UTD - PMI Kabupaten Cirebon, Yudianto Yusuf menuturkan, PMI telah menerapkan protokol atau panduan tekait dengan pelaksanaan donor darah untuk membuat masyarakat aman, nyaman, dan tenang dalam menodonorkan darahnya.

Di PMI Kabupaten Cirebon sendiri standar APD petugas diterapkan, kemudian jarak kursi ruang tunggu, jarak bed donor, penggunaan masker dan ruangan donor yang didisinfektan. Tak ketinggalan wawancara donor pra-donasi pun kini dilakukan lebih ketat.

\"Memasuki new normal, jadwal kegiatan mobile unit sejak Rabu (3/6) sudah dilaksanakan, selanjutnya beberapa instansibelum memberikan kepastian tanggal pelaksanaan donor darah kolektif,\" terangnya.

Dari data yang dimiliki Unit Donor Darah PMI Kabupaten Cirebon, pada 4 Mei 2020, hingga pukul 08.00 WIB stok darah yang terkumpul terdiri dari 164 sel darah merah yang terdiri dari 9 golongan darah A, 62 golongan darah B, 78 golongan darah O, dan 15 untuk golongan darah AB.

Kemudian untuk stok trombosit berjumlah 32 yang terdiri dari 6 untuk golongan darah A, 7 untuk gologan darah B, 14 untuk golongan darag O, dab 5 golongan darah AB. Sedangkan untuk Plasma darah berjumlah 36 yang terdiri dari golongan darah A sebanyak 10, golongan darah B sebanyak 7, golongan darah O sebanyak 9, dan golongan darah AB sebanyak 10.

\"Partisipasi dari masyarakat atau para donor darah sukarela tetap PMI Kabupaten Cirebon harapkan datang ke UTD Kabupaten Cirebon untuk menyumbangkan darahnya. Pasalnya setetes darah yang disumbangkan sangat berarti bagi yang membutuhkan,\" tukasnya. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: