Harga Bawang Putih Terus Turun

Harga Bawang Putih Terus Turun

CIREBON - Pasca lebaran, harga komoditas bawang putih terus merosot. Penurunan harga mendapat sambutan positif dari masyarakat. Namun beberapa pedagang justru mengeluhkan karena masih memiliki stok lama, yang mereka beli saat harganya masih tinggi.

Berdasarkan pantauan Radar Cirebon di Pasar Induk Jagasatru Minggu (7/6), harga bawang putih kunam/hunan kini dijual di kisaran harga Rp20 ribu/kilogram. Sementara untuk bawang putih jenis kating harganya kini turun menjadi Rp27 ribu/kilogram. 

Padahal dua pekan sebelumnya, atau beberapa hari menjelang lebaran harganya terpantau masih Rp30 ribu dan Rp35 ribu/kilogram.

Salah satu pedagang, Rokayah mengatakan, penurunan harga bawang putih terjadi berangsur sejak awal Ramadan lalu. Sempat naik lagi saat menjelang lebaran, kini harganya justru semakin turun.

Menurutnya, turunya harga bawang putih ini disambut positif oleh masyarakat. Namun bagi pedagang, tak sedikit yang harus merugi. “Ya namanya dagang pasti ada untung rugi. Kalau sekarang mungkin stoknya lagi banyak jadi harganya langsung tutun,” ucapnya.

Selain itu, faktor turunya harga bawang putih di Pasar Induk Jagasatru adalah karena beberapa pasar di sekitar wilayah Kota Cirebon, beberapa ada yang ditutup. Hal itu pula yang menyebabkan stoknya masih tinggi.

Beberapa pasar yang sedang ditutup diantaranya Pasar Sumber dan beberapa pasar lainnya. Otomatis pedagangnya tidak berjualan. Sehingga stok masih bertahan.

Di sisi lain, berdasarkan pantauan untuk harga bawang merah justru harganya masih tetap tinggi. Masih berkisar Rp45 ribu sampai 48 ribu/kilogram. Sementara untuk bawang bombay harganya stabil di angka Rp20 ribu/kilogram. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: