PJU Ganti LED, Hemat Rp200 Juta/Tahun

PJU Ganti LED, Hemat Rp200 Juta/Tahun

CIREBON – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon akan melakukan penambahan 200 titik penerangan jalan umum (PJU) Light Emitting Diode (LED). Program ini masuk pada rencana kerja prioritas tahun 2021.

Kepala Dishub, Ir H Yoyon Indrayana MT mengatakan, PJU menjadi kebutuhan utama. Kondisi di lapangan saat ini, kurang dan lebih ada 8.100 titik PJU milik/yang dikelola Pemkot Cirebon. Dari jumlah itu, semua berfungsi dengan baik atau menyala. “Dari 8.100, 1.500 diantaranya menggunakan LED,” ujar Yoyon, kepada Radar Cirebon, Selasa (9/6).

Ke depan, kata Yoyon, dishub memiliki rencana untuk mengganti semua PJU konvensional yang ada di Kota Cirebon dengan PJU LED. Selain lebih terang, PJU LED juga sudah terbukti efisien daya. “Kalau konvensiona daya listriknya flat atau sama. Kalau LED sesuai pemakaian, jadi lebih hemat,” tukasnya.

Sementara terkait banyaknya PJU di jalan provinsi yang tidak berfungsi, Yoyon menjelaskan, bahwa Dishub Kota Cirebon dengan Provinsi Jawa Barat memiliki komunikasi yang baik.

Dia selalu berkoordinasi dan bersurat kepada Dishub Provinsi saat ada aduan dari warga mengenai PJU di jalan provinsi yang padam. “Realisasinya bagus dan dilaksanakan,” ucapnya.

Kembali mengulas PJU LED. Yoyon menyatakan, penggunaan listriknya jauh lebih hemat dibanding konvensional.

Pembayaran listrik PJU konvensional pernah menyentuh angka Rp1 miliar, sementara PJU LED hanya Rp700 juta saja dalam 1 bulan. Sementara harga unit, PJU LED dan konvensional relatif memiliki harga yang sama.

Dishub memproyeksikan, penggantian lampu konvensional menjadi LED bisa menghemat anggaran sekitar sebesar Rp200 juta lebih per tahun.

Mengenai PJU juga menjadi sorotan Komisi I DPRD Kota Cirebon. Mengenai itu, Komisi I DPRD Kota Cirebon. Dalam pertemuan tersebut juga dibahas tentang beberapa program yang gagal direalisasi akibat pandemi Covid-19.

Dari beberapa catatan program yang belum bisa dilaksanakan, yang paling menjadi sorotan adalah perbaikan sarana dan prasarana PJU di sejumlah titik di Kota Cirebon.

Anggota Komisi I DPRD Kota Cirebon, R Endah Arisyanasakanti SH menyampaikan, bahwa terdapat sejumlah PJU yang padam di sejumlah titik di wilayah Kota Cirebon, maupun jalan provinsi.

Kondisi itu dikeluhkan masyarakat karena mengganggu pandangan saat mengemudi. Ditambah, banyak lampu PJU yang tehalau ranting pohon. Sehingga tidak bisa menerangi jalan raya.

Dia memahami bahwa pergantian lampu PJU di jalan provinsi bukan kewenangan Dishub Kota Cirebon. Kendati demikian, perlu ada tindak lanjut dari dinas teknis untuk menyampaikan persoalan tersebut.

“PJU beberapa diantaranya ada yang mati, bahkan tertutup ranting. Kami berharap ada sinergi antara Dishub dengan instansi terkait lainnya untuk mengatasi hal itu,” kata Endah. (ade)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: