Status Covid-19 Kota Cirebon: 18 Kelurahan Level 1

Status Covid-19 Kota Cirebon: 18 Kelurahan Level 1

CIREBON - Sebagian besar kelurahan di Kota Cirebon ada di level satu dalam hal penyebaran virus corona atau covid-19.

Kesimpulan ini, disampaikan dalam rapat evaluasi menjelang berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) 12 Juni. Level 1 covid-19, artinya tidak ditemukan kasus positif. Namun, ada satu yang masuk level 3 yakni Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk.

Wakil Walikota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati mengatakan, hasil rapat evaluasi PSBB Kota Cirebon akan dikirimkan ke Gubernur Jawa Barat. Nantinya Gubernur Jawa Barat yang akan memutuskan PSBB sepeti apa yang akan diterapkan di Kota Cirebon.

Namun, secara umum penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon bisa ditangani dengan baik. “Fokus kita ada di Panjunan,” ungkap Eti. Kelurahan Panjunan memang menjadi klaster dari dua kasus covid-19 di Kota Cirebon. Terutama di RW 01 dan RW 10 Panjunan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon telah ditugaskan untuk terus menerus memantau perkembangan penyebaran Covid-19 di daerah tersebut. “Apalagi itu daerah padat,” ungkap Eti.

Sementara itu, Pj Sekda Kota Cirebon, Dra Nanin Hayani Adam MSi mengungkapkan, hasil laporan rapat tadi akan dibuat secara rinci dan detail.

Sehingga nantinya Gubernur Jawa Barat bisa mengambil keputusan PSBB apa yang akan dilakukan di Kota Cirebon. “Karena saat ini mall juga sudah dibuka, itu juga telah melalui persetujuan gubernur,” ungkap Nanin.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kota Cirebon, Mohammad Arif Kurniawan ST menjelaskan, sebanyak 18 kelurahan di Kota Cirebon dikategorikan masuk ke level 1, 3 kelurahan masuk ke level 2 dan satu kelurahan, yaitu Kelurahan Panjunan dimasukkan ke level 3.

Penentuan level merujuk pada pasal 4 Peraturan Gubernur Jawa Barat 46/2020, level 1 yaitu rendah atau tidak ditemukan kasus positif Covid-19 di kelurahan tersebut.

Transmission index di Kota Cirebon sebenarnya sudah di bawah angka satu atau berpotensi berhenti menyebar,” ungkap Arif.

Namun dengan adanya kasus positif Covid-19 di Kelurahan Panjunan membuat transmission index-nya saat ini ada di atas angka satu. Untuk itu, Kota Cirebon menurut Arif belum bisa menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) secara penuh, namun secara bertahap. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: