PKK Kota Cirebon Buka Dapur Umum selama PSBB

PKK Kota Cirebon Buka Dapur Umum selama PSBB

CIREBON – Tim pembina PKK (TP-PKK) Kota Cireon, telah menyalurkan ribuan paket nasi bungkus kepada warga masyarakat yang terdampak maupun terimbas wabah pandemi covid-19. Bahkan, untuk memfasilitasi penyaluran tersebut di sekretariat TP PKK Kota Cirebon, telah didirikan dapur umum sejak awal masa PSBB di Kota Cirebon.

Wakil Ketua TP PKK Kota Cirebon Hj Kanti Rahayu SPd mengatakan program TP PKK Kota Cirebon sesuai dengan instruksi dari TP PKK Jawa Barat.

Dapur umum tersebut, dikelola oleh pengurus dan kader TP PKK dan Dharma Wanita Kota Cirebon, beserta Tagana Dinsos. Sejak awal Mei lalu, PKK telah menyalurkan makanan siap santap atau nasi bungkus yang disalurkan tiga kali seminggu. Setiap penyaluran, dimasak dan diolah 300 porsi nasi bungkus lengkap dengan lauk pauknya.

“Sejak awal Mei, hampir setiap hari kita salurkan gerakan nasi bungkus ini, baik itu yang dari program TP-PKK Provinsi, Jabar Bergerak Provinsi, Jabar bergerak Kota Cirebon, dan ada langsung sumbangan pribadi Ketua TP-PKK Kota Cirebon. Setiap penyaluran, minimal kita masak 300 porsi,” ujarnya.

Bahkan, kata dia, pada minggu terakhir menjelang lebaran, pemasakan dan penyaluran nasi bungkus ini dilakukan lebih intensif setiap hari, untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan makanan siap santap.

“Dapur umum ini sedianya kita siagakan selama masa PSBB, atau sampai tanggal 12. Tapi, ketika ada pihak yang berniat menyalurkan bantuan makanan siap santap melalui dapur umum kami, maka kami siap untuk mengolah dan mendistribusikanya kepada yang berhak menerimanya,” tuturnya.

“Alhamdulillah, keberadaan dapur umum ini manfaatnya dirasakan bagi masyarakat yang membutuhkan, mudah-mudahan dapat meringankan beban masyarakat yang terpapar maupun masyarakat yang terdampak. Kita semua berharap pandemi berakhir dan kehidupan masyarakat kembali normal seperti dulu lagi,” imbuhnya. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: