DLH Sisir Tumpukan Sampah Liar

DLH Sisir Tumpukan Sampah Liar

CIREBON - Banyaknya sampah liar membuat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon melakukan penanganan ekstra. Beberapa waktu lalu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon pun kembali mengeruk temuan sampah liar di beberapa titik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, Deni Nurcahya ST MSi menuturkan melalui program Tanggap Darurat Sampah, pihaknya terus menyisir tumpukan atau timbunan sampah liar. Baik di Cirebon bagian utara maupun barat. \"Beberapa waktu lalu kami juga lakukan pengangkutan di Kasugengan Lor, Kecamatan Jamblang dan Kecamatan gempol,\" tuturnya.

Pengangkutan sampah di luar TPS legal ini dilakukan terus menerus untuk meminimalisasi sampah yang menumpuk. Bahkan dalam sehari pihaknya pernah mengangkut 19 truk sampah liar. Program Tanggap Darurat Sampah ini pun dikatakan Deni merupakan program jangka pendek. Jangka panjangnya, pihaknya akan membuat pengolahan sampah mandiri berbasis masyarakat. Pihaknya akan bekerja sama dengan desa, dan membuat pengolahan sampah  berbasis desa terlebih dahulu dengan kerja konsep 1 desa 1 kontainer. Sehingga terjadi pengolahan sampah mandiri.

\"Kami terus menyisir di berbagai titik. Ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan pada masyarakat,\" ungkapnya.

Ia menambahkan saat ini pihaknya memiliki 140 TPS, 15 titik TPS 3R, dan 24 TPS Terpadu yang tersebar di Kabupaten Cirebon. Targetnya TPS terpadu bisa ada di 412 Desa dan 12 Kelurahan yang ada. \"Kami terus berharap tanggung jawab akan sampah ini bisa dilakukan bersama sehingga tercipta lingkungan yang asri, mari bersama-sama cintai lingkungan,\" tukasnya. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: