Pekan Kedua Dibuka, Goa Sunyaragi Ramai Dikunjungi Wisatawan

Pekan Kedua Dibuka, Goa Sunyaragi Ramai Dikunjungi Wisatawan

CIREBON - Pekan kedua semenjak dibuka kembali objek wisata Taman Air Goa Sunyaragi mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Meski tidak seramai sebelum pandemi Covid-19, wisatawan yang berkunjung atau berwisata di Goa Sunyaragi masih didominasi masyarakat dari wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan).

Pengelola Gua Sunyaragi, Jajat Sudrajat mengatakan, wisatawan yang datang ke objek wisata Goa Sunyaragi rata-rata masih berkisar 20 orang sehari.

\"Pada hari Minggu lalu pertama kali dibuka, jumlah wisatawan yang datang bejumlah mencapai 86 orang pengunjung. Tapi masih didominasi wisatawan dari Ciayumajakuning. Kalau dari luar Cirebon masih belum banyak,\" katanya, Minggu (21/6).

Jajat mengungkapkan, dibukannya kembali objek wisata Taman Air Goa Sunyaragi merupakan pengobat rindu masyarakat akan tempat-tempat wisata bersejarah karena selama hampir tiga bulan objek wisata ini ditutup untuk pengunjung akibat pandemi Covid-19.

\"Kita lihat tadi, selain adanya berekreasi, ada juga masyarakat yang menjadikan Taman Air Goa Sunyaragi ini sebagai lokasi pemotretan prewedding,\" ungkapnya.

Sebelum ditutup, Jajat menuturkan, pengunjung yang berwisata ke Taman Air Goa Sunyaragi biasanya mencapai ribuan orang.

\"Adanya PSBB di berbagai daerah, membuat wisatawan yang enggan berwisata keluar daerah, dan lebih memilih menetap di daerah asalnya. Akibatnya berimbas dari jumlah kunjungan wisatawan ke Cirebon merosot tajam,\" tuturnya.

Masih kata Jajat, pihak pengelola Taman Air Goa Sunyaragi saat ini masih memberlakukan protap Kesehatan.

\"Selain diberlakukan protap kesehatan. Pada Minggu pertama lalu kami juga membatasi durasi kunjugan kepada wisatawan selama 50 menit berada di area Goa Sunyaragi. Namun, sekarang sudah normal seperti biasanya tanpa dibatasi durasi kunjungan. Sebelum dibuka, kami pun lakukan penyemprotan disinfektan di lokasi yang akan dikunjungi wisatawan. Kami juga lebih mengutamakan kebersihan, keindahan dan kenyamanan,\"imbuhnya.

Jajat Berharap, dengan dibukanya kembali Taman Air Goa Sunyaragi ini akan banyak wisatawan dari luar wilayah Ciayumajakuning dan wisatawan mancanegara.

\"Semoga dapat menghidupkan kembali sektor pendukung ekonomi pariwisata lainnya, seperti penjualan suvenir, tempat makan hingga menghidupkan kembali geliat hotel yang sepi terdampak Covid-19,\" pungkasnya.

Sementara itu, Ayu warga Sindanglaut, Kabupaten Cirebon mengaku merasa senang dibukanya kembali objek wisata di Cirebon.

\"Ya saya mendukung sekali dan senang objek wisata yang ada di Cirebon seperti Goa Sunyaragi ini dibuka lagi. Karena bertepatan akan menikah, maka saya lakukan pemotretan prewedding di sini (Goa Sunyaragi, red),\" ujarnya usai pemotretan. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: