Virus Corona Melemah, Beda dengan yang Menyebar di Bulan Maret dan April

Virus Corona Melemah, Beda dengan yang Menyebar di Bulan Maret dan April

JAKARTA - Penyebaran dan dampak mematikan virus corona diperkirakan telah melemah. Virus bernama covid-19 ini masih terus menyebar, namun tidak seagresif Maret dan April.

Seorang ahli penyakit menular kembali mengungkapkan bahwa virus corona kini semakin melemah dan kurang mematikan saat menyebar. 

Ahli penyakit menular di Rumah Sakit Policlinico San Martino di Italia, Profesor Matteo Bassetti, mengatakan saat ini pasien lanjut usia pun sudah banyak yang pulih.

\"Bahkan pasien yang berusia 80-90 tahun saat ini sedang duduk di tempat tidur dan bernapas tanpa alat bantu. Sebelumnya, pasien di usia tersebut bahkan meninggal setelah dirawat 2-3 hari saja di rumah sakit,\" kata Profesor Bassetti, yang dikutip dari Mirror, Minggu (21/6/2020).

\"Itu (virus Corona) yang awalnya di bulan Maret dan April agresif seperti harimau, kini berubah seperti kucing liar,\" imbuhnya.

Profesor Bassetti memprediksi ini mungkin terjadi karena virus bermutasi menjadi bentuk yang lebih lemah saat menyebar ke seluruh dunia. 

Teori lainnya, tindakan jaga jarak dan penggunaan masker yang membuat viral load lebih rendah dan jauh dari penyakit.

Menurut Profesor Bassetti, mungkin virus ini bisa mati atau hilang sebelum vaksin untuk menanganinya tersedia. (yud/mirror)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: