Tracing Pasien Covid-19, Ada 12 Warga Pamitran Kota Cirebon Teridentifikasi

Tracing Pasien Covid-19, Ada 12 Warga Pamitran Kota Cirebon Teridentifikasi

CIREBON - Sebanyak 12 orang, warga di RW Pamitran, Kelurahan Kejaksan, Kota Cirebon, terndentifikasi pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Mereka teridentifikasi dari hasil tracing terhadap pasien kasus ke-14 yang terkonfirmasi di Kota Cirebon.

Kepala Dinkes Kota Cirebon dr Edy Sugiarto mengatakan, 12 orang yang teridentifikasi dari hasil tracing tersebut merupakan orang terdekat yang pernah kontak erat dan berinteraksi dengan pasien positif. Pasien berjenis kelamin peremuan.

“Yang 12 orang ini nanti hari Senin akan diswab massal,” ujarnya.

Pasien positif corona ke-14 di Kota Cirebon tersebut, kata Edy, dari hasil tindak lanjut reaktif rapid test. Sebab, sehari sebelumnya (selasa, 23/6) mengantar neneknya berobat ke salah satu rumah sakit swasta. Aturan di RS tersebut mengharuskan pengantar atau penunggu pasien menjalani rapid test.

“Setelah hasil rapid test (di RS Sumber Kasih) reaktif itu, dia menjalani testing lanjutan swab test di gedung Diklat BKKN. Tadi saya baru dapat informasi hasilnya positif, walau belum resmi dari pihak RS Gunung Jatinya, tapi tim surveilance kita langsung tracing ke yang bersangkutan dan lingkungan sekitarnya,” ujarnya.

Meski demikian, Edy mengaku terus menggali informasi terkait riwayat perjalanan dan kemungkinan adanya kontak erat orang tersebut dengan orang lain yang sebelumnya telah dinyatakan positif Covid-19. Sehingga, belum bisa disimpulkan faktor penularannya dari fasilitas medis atau bukan.

Sebelumnya, teridentifikasi 11 orang yang pernah kontak erat dan berinteraksi dengan pasien positif Covid-19 ketiga yang muncul di klaster Sunyaragi atau kasus ke-13 di Kota Cirebon. Dari swab test yang dilaksanakan Kamis (25/6), hasilnya dinyatakan negatif. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: