Pemkot Cirebon Raih Opini WTP 4 Kali Beruntun, Pertahankan Standar Tertinggi Penyajian LKPD

Pemkot Cirebon Raih Opini WTP 4 Kali Beruntun,  Pertahankan Standar Tertinggi Penyajian LKPD

PEMERINTAH Kota Cirebon kembali meraih predikat tertinggi berupa opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam penyajian laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2019.

Penyampaian opini WTP ini, dilakukan dalam konferesnsi virtual yang digelar oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Provinsi Jawa Barat, sekaligus penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas LKPD Pemkot Cirebon tahun anggaran 2019.

Konferensi virtual tersebut, diikuti oleh Wakil Walikota Cirebon Dra Hj Eti Herawati dan Ketua DPRD Afiati Ama, serta kepala SKPD terkait, di ruang command centre Balaikota Cirebon, Kamis (25/6). Ini merupakan kali keempat yang berhasil diraih secara beruntun setelah sebelumnya didapat pada tahun 2017, 2018, dan 2019.

Wakil Walikota Cirebon, Eti Herawati mengatakan, capaian ini terasa sangat berarti karena didapat pada saat masa pandemi Covid-19. Ini membuktikan, bila seluruh jajaran yang ada di Pemerintah Daerah Kota Cirebon bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Sekalipun dengan pembatasan aktivitas di masa pandemi.

“Alhamdulillah untuk keempat kalinya kita berhasil mendapatkan WTP atas LKPD Kota Cirebon 2019. Saya dan Walikota mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran inspektorat dan dinas terkait,” ujarnya.

Dia berharap, di tahun depan Pemkot masih bisa meraih WTP lagi. Untuk itu, Eti berpesan agar pengelolaan keuangan dan aset yang dimiliki Pekot Cirebon bisa terus dilakukan dengan lebih baik dan transparan.

Ketua DPRD Affiati menyambut baik capaian WTP atas LKPD tahun anggaran 2019. Affiati meminta tahun depan bisa dipertahankan dan ditingkatkan, yang memerlukan kerjasama dari seluruh jajaran pemerintahan di Kota Cirebon.

“Terima kasih atas kerjasamanya, mudah-mudahan bisa mempertahankan dan meningkatkannya lagi di tahun-tahun berikutnya. Semoga apa yang kita lakukan menjadi amal bagi kita semua dan pengabdian kepada masyarakat Kota Cirebon,” ungkap Affiati.

Inspektur Daerah Kota Cirebon, Drs Asep Dedi MSi menjelaskan, tahun ini Kota Cirebon sudah menerapkan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Melalui SIPD tersebut kendala teknis bisa diatasi bersama.

Asep juga menyambut baik raihan WTP untuk keempat kalinya dan berharap bisa dipertahankan di tahun-tahun yang akan datang. (azs/adv)

LKPD KOTA CIREBON DENGAN OPINI WTP

- 2017, atas penyajian LKPD tahun anggaran 2016

- 2018, atas penyajian LKPD tahun anggaran 2017

- 2019, atas penyajian LKPD tahun anggaran 2018

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: