BUMDes Bisa Bantu Pulihkan Ekonomi

BUMDes Bisa Bantu Pulihkan Ekonomi

MAJALENGKA - Ketua komisi IV DRPD Majalengka, H Hanurajasa Tatang Riana berharap masyarakat bisa belajar dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional yang diterapkan.

\"Pemerintah mengeluarkan kebijakan PSBB Proporsional dan diharapkan masyarakat banyak belajar dari wabah Covid-19 ini. Semua terdampak dan tidak melihat kalangan di bawah, tengah dan atas,\" pesannya, Jumat (26/6).

Politisi PAN ini mengungkapkan, saat memasuki era adaptasi kebiasaan baru (AKB) per 27 Juni, physical distancing dan sosial distancing merupakan cara ampuh untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Ke depan, semua pihak juga harus mulai membiasakan peneapan protokol kesehatan pada kebiasaan sehari-hari.

\"Untuk kebiasaan mencuci tangan juga menjaga kebersihan. Protokol kesehatan ini bukan berarti terus kita lupakan,\" ungkapnya.

Menurut dia, di sejumlah kota lain, penularannya covid-19 masih terjadi. Dengan posisi AKB ini, pemeritah juga berpikir tentang UMKM, masyarakat kecil dan elemen lain yang terkena dampak. Pemerintah Kabupaten Majalengka diyakini tidak tinggal diam dalam menyiapkan tatanan dan tahapan. Terutama bukan berbicara lagi tentang jaring sosial melainkan jaring ekonomi.

Dinas terkait harus menyiapkan langkah tersebut. Begitu juga upaya pemerintah desa dalam mengeksplorasi BUMDes agar lebih maju kembali. Seperti di Desa Leuwimunding tengah mengadakan MoU dengan perbankan agar ikut membantu memulihkan ekonomi menyiapkan kredit tanpa agunan.

\"Dalam pelaksanaannya terutama untuk pedagang di Leuwimunding. Yang bersangkutan di-cover oleh BUMDes. Tujuan itu untuk penguatan ekonomi kembali,\" jelas politisi asal Leuwimunding ini.

Dia mengungkapkan, upaya pemulihan ekonomi mulai dilakukan. \"Pemulihan ekonomi akar rumputnya adalah di UMKM,\" imbuhnya. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: