Keraton Kasepuhan Gaduh, Kunjungan Wisatawan Tetap Normal

Keraton Kasepuhan Gaduh, Kunjungan Wisatawan Tetap Normal

CIREBON - Kegaduhan di keluarga Keraton Kasepuhan Cirebon sepertinya tidak berpengaruh dengan kunjungan wisatawan. Wisatawan masih tampak hilir mudik normal seperti hari-hari biasanya.

Pantauan radarcirebon.com, Senin (29/6), tampak sejumlah wisatawan didampingi abdi dalem yang menjadi guide tour berkeliling ke setiap lokasi yang ada di Keraton Kasepuhan Cirebon.

\"Kunjungan wisatawan yang datang ke Keraton Kasepuhan sampai saat ini masih seperti biasa dan tidak berpengaruh dengan adanya masalah di intern keluarga Keraton,\" ujar Rudi, salah satu abdi dalem yang juga guide tour ditemui di Keraton Kasepuhan.

Menurut Rudi, seluruh abdi dalem Keraton Kasepuhan tidak ingin ikut campur persoalan keluarga Sultan. \"Kami (abdi dalem,red) tidak mau terlibat atau ikut campur urusan intern keluarga Keraton. Kami hanya bertugas melayani tamu atau wisatawan yang berkunjung ke sini (keraton, red),\" tuturnya.

Rudis menjelaskan, jumlah wisatawan ke Keraton Kasepuhan yang masih sedikit bukan karena masalah internal keraton. Tapi menurutnya, kunjungan masih terpengaruh dengan kondisi pandemi Covid-19.

\"Sejak dibukanya kembali Keraton Kasepuhan pasca ditutup selama PSBB Kota Cirebon berlangsung, jumlah kunjungan wisatawan yang datang masih sedikit dibanding sebelum adanya pandemi Covid-19,\" pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: