RW 07 Karang Mekar Kota Cirebon Jadi Pilot Project Kampung Tangguh Lodaya Ketahanan Pangan

RW 07 Karang Mekar Kota Cirebon Jadi Pilot Project Kampung Tangguh Lodaya Ketahanan Pangan

CIREBON - RW 07 Kampung Karang Mekar, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, menjadi pilot project program Kampung Tangguh Lodaya Ketahanan Pangan.

Kampung Tangguh Lodaya Ketahanan Pangan di RW07 Kampung Karang Mekar, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon tersebut resmi diluncurkan, Rabu (1/7).

Secara simbolis, Kapolsek Cirebon Utara Barat Kompol Suwitno memotong rangkaian bunga melati disaksikan Camat Kejaksan, Uyung Heru Utomo, Ketua LPM Kelurahan Sukapura sekaligus Ketua Pelaksana Kampung Tangguh Lodaya, M Rafi, Danramil dan Forkompincam (forum Komunikasi Pimpinan tingkat Kecamatan) setempat.

Kapolsek Utara Barat (Utbar) Kompol Suwitno mengatakan, Kampung Tangguh Ketahanan Pangan bertujuan untuk menumbuhkan ketahanan pangan serta memperkuat masyarakat dalam mencegah penularan Covid-19.

\"Kampung Tangguh Ketahanan Pangan merupakan program dari Kapolri dan dilaksanakan serentak se-Indonesia. Saya sangat mengapresiasi sekali dengan diluncurkannya Kampung Tangguh Ketahanan Pangan di RW 07 Kampung Karang Mekar, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon,\" ujarnya.

Ketua LPM Kelurahan Sukapura sekaligus Ketua Pelaksana Kampung Tangguh Lodaya M Rafi mengatakan, program Kampung Tangguh Lodaya sudah dimulai sejak Januari 2020.

\"Jadi Kampung Tangguh Lodaya ini dalam rangka masyarakat RW 07 melakukan kemandirian dan produktivitas pasca Pandemi Covid-19. Di kampung Tangguh ini juga dilengkapi Posko Tim Pantau Covid-19, ruang isolasi Covid-19, dan ada lumbung pangan,\" katanya.

Rafi menuturkan, bahwa RW 07 Karang Mekar merupakan pilot project Kampung Tangguh Lodaya Ketahanan Pangan di Kelurahan Sukapura.

\"Gang Kliwon RW 07 menjadi titik central Kampung Tangguh Lodaya Ketahanan Pangan,\" tuturnya.

Sementara itu, Camat Kejaksan Uyung Heru Utomo mengungkapkan, Kampung Tangguh Lodaya Ketahanan Pangan dimaksudkan untuk meningkatkan ketangguhan dari seluruh komponen masyarakat.

\"Dengan Kampung Tangguh ini kita mulai membiasakan memasuki AKB dan kita mulai menggeliatkan ekonomi masyarakat. Ke depan program ini dapat dikembangkan di RW-RW lain agar menjadi kampung-kampung yang tangguh,\" ungkapnya. (rdh/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: