Cegah Covid-19, KPBD Kota Cirebon Miliki Kendaraan Khusus Penyemprotan Disinfektan

Cegah Covid-19, KPBD Kota Cirebon Miliki Kendaraan Khusus Penyemprotan Disinfektan

CIREBON - Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon kini memiliki kendaraan roda tiga khusus penyeramprotan disinfektan Covid-19. Kendaraan khusus itu untuk mempermudah dan menjangkau wilayah padat penduduk dan gang sempit dalam rangka penyemprotan disinfektan.

Kepala KPBD Kota Cirebon, Agung Sedijono mengatakan, KPBD baru memiliki satu unit motor roda tiga khusus untuk operasional penyeramprotan disinfektan.

\"Motor ini produksi atau pabrikannya di Surabaya dan khusus diperuntukkan dijual ke pemerintah bukan untuk umum. Setelah kita tes, dan hasilnya bagus hingga kita ambil satu unit dulu. Harganya kalau nggak salah Rp 88,5 juta. Saya berharap kendraan ini ke depan ada di tiap-tiap Kecamatan,\" katanya.

Agung menjelaskan, kendaraan operasional roda tiga ini didesain bisa masuk ke gang-gang dan jalan kecil. Sehingga memudahkan petugas menjangkau lokasi sasaran.

\"Kapasitas tangki mampu menampung 1.000 liter disinfektan dan menghasilkan semprotan yang lembut seperti embun dan asap,\" jelasnya.

Agung berharap, dengan adanya kendaraan operasional roda tiga ini bisa menurunkan psikologis warga yang sempat kaget warganya terpapar Covid-19. Lebih dari itu bisa mencegah penyebaran Covid-19.

\"Karena itu kami akan lakukan penyemprotan saat ditemukan adanya kasus-kasus Covid-19 di suatu daerah tertentu. Kami juga menggunakan cairan disinfektan dengan bahan yang ramah lingkungan,\" pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: