Kawasan Pantai Kejawanan Jadi Titik Peringatan Hari Penanaman Mangrove Sedunia

Kawasan Pantai Kejawanan Jadi Titik Peringatan Hari Penanaman Mangrove Sedunia

CIREBON - Hari Penanaman Mangrove Sedunia tingkat nasional bakal digelar di Kota Cirebon, Minggu (26/7) depan. Kegiatan yang bernama Mamo My Darling (Mari Move On Masyarakat Sadar Lingkungan) akan berlangsung di kawasan pantai Pelabuhan Perikanan Kejawanan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

Ketua Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Nuswantara Cirebon, Dany Jaelani mengatakan, kegiatan tersebut bakal dihadiri para pejabat dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia serta Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

\"Kegiatan ini akan digelar Minggu (26/7). Adapaun tema kegiatan yakni Gerak Setara (Gerakan Semai Tanam Pelihara),\" kata Deny kepada radarcirebon.com, Sabtu (18/7).

Selain pejabat kementerian pusat, Dany menuturkan, Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati pun bakal menghadiri kegiatan tersebut. Selain itu, semua SKPD, ormas, OKP dan unsur maritim juga diundang.

\"Tetapi karena masih suasana Covid-19 walaupaun di era AKB atau new normal, kami tidak melibatkan pelajar walaupun banyak berbagai sekolah yang ingin ikut berpartisipasi dalam peringatan Hari Mangrove Sedunia tingkat nasional di Cirebon ini,\" ujarnya yang juga Ketua GM FKPPI Kota Cirebon ini.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal FLHB Nuswantara Prabu Diaz mengatakan, dalam kegiatan tersebut akan menanam 10.000 pohon mangrove. Bibitnya merupakan hasil persemaian sendiri dari Kelompok Tani Mangrove Macan Ali di pantai Karang Anom Pegambiran Cirebon.

\"Mari kita jaga alam ini untuk anak cucu kita,\" ujar Prabu Diaz yang juga Panglima Tinggi Laskar Macan Ali Cirebon ini. (rdh/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: