Ajak Orang Tua Penuhi Hak Anak

Ajak Orang Tua Penuhi Hak Anak

CIREBON – Hari Anak Nasional tahun 2020 dirayakan kemarin (23/1). Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Cirebon, Drs Iyan Ediyana MM MSi mengajak para orang tua untuk memenuhi hak-hak anak.

“Mari kita rawat dan asuh anak-anak kita dengan penuh kasih sayang dan tanggungjawab. Pasalnya, masa depan bangsa dan negara kita ada di tangan mereka,” kata dia, saat menyampaikan sambutan di halaman DPPKBP3A Kabupaten Cirebon.

Selain menjaga dan merawat, lanjut Iyan, orang tua juga harus memberikan dukungan dan fasilitasi pada beragam program inovatif yang dapat meningkatkan kecerdasan, kebugaran, keamanan dan kesejahteraan anak-anak.

“Kita ingin agar anak dan remaja Kabupaten Cirebon bisa berprestasi di bidang ilmu pengetahuan, bidang olahraga dan seni, serta bidang-bidang lainya. Baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional,” lanjutnya.

Untuk mewujudkan semua itu, papar Iyan, dibutuhkan lingkungan yang mendukung kepentingan terbaik anak. Anak akan tumbuh dengan baik jika lingkungan masyarakat kondusif. “Saat ini kita berkewajiban untuk memberikan keberpihakan pada kualitas pengasuhan anak-anak. Jika kita luput memberikan perhatian yang sungguh-sungguh, maka aset yang besar tersebut dapat berbalik menjadi beban yang tidak ringan,” paparnya.

Kemudian, dalam  upaya meningkatkan kualitas pengasuhan bagi anak-anak, beberapa langkah pendekatan antara lain mengembangkan Kabupaten Layak Anak atau KLA di setiap kecamatan dan desa. “Pengembangan KLA kita arahkan agar kabupaten beserta lingkungan dan sarananya dapat menunaikan fungsinya sebagai sarana pembinaan serta pengasuhan keluarga bagi anak-anak,” imbuhnya.

Diakui, pada peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, menghadapi tantangan, yakni adanya pandemi Covid-19. Hal ini berimplikasi pada masyarakat, terutama persoalan pengasuhan bagi anak yang orang tuanya positif Covid-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar, serta meningkatnya kasus kekerasan.

“Berdasarkan tantangan tersebut, maka tema Hari Anak nasional Tahun 2020 adalah Anak Terlindungi, Indonesia Maju dengan Tagline #AnakIndonesiaGembiradiRumah,” ucapnya.

Perlu diketahui, peringatan Hari Anak Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984. Menurut Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia (KPPPA), peringatannya dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Caranya adalah dengan mendorong keluarga menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak, sehingga akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air.

Peringatan ini juga dijadikan sebagai pengingat bagi rakyat Indonesia untuk menggencarkan gerakan Internasional World Fit for Children (dunia cocok untuk anak-anak). Gerakan ini direalisasikan dengan Kota Layak Anak di sejumlah kota dan Kabupaten di Indonesia. Tujuan akhir dari gerakan ini tentu saja mewujudkan Indonesia Layak Anak. (jun/opl)

https://www.youtube.com/watch?v=5J6Sp2PSROI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: