Skateboard, Olahraga Melatih Fokus dan Konsentrasi

Skateboard, Olahraga Melatih Fokus dan Konsentrasi

CIREBON- Permainan skateboard bukan hanya menjadi sebuah hobi dan ketangkasan saja. Olahraga ini diyakini dapat membakar kalori yang cukup banyak, serta melatih fokus dan konsentrasi. Aktivitas di kawasan stadion Bima setiap Sabtu sore, lebih ramai dari hari biasnya. Sebab, selain banyak warga yang berolahraga, juga ada sekumpulan anak muda yang berlatih Skateboard. Atraksi tersebut memancing rasa penasaran warga untuk menonton.

Sudah satu bulan lebih, sekumpulan anak muda yang tergabung dalam Cirebon Skate Family itu, kembali melaksanakan latihan rutin, setelah sebelumnya sempat beberapa bukan vakum akibat pandemi dan pemberlakuan PSBB.

Namun, selama tidak menggelar latihan rutin di arena skateboard, para pehobi olahraga ketangkasan ini tetap menjalankan latihan ringan di halaman rumah mereka. Ini bertujuan untuk tetap menjaga kemampuan penguasaan mengendalikan papan luncur mereka, juga untuk tetap menstabilkan berat badan.

Asto, pelatih skateboard mengatakan, latihan penguasaan pengendalian papan luncur sangat bergantung pada adaptasi tubuh. Artinya, selain penguasaan melalui teknik-teknik dasar, para pemain skateboard juga mesti paham dengan kondisi tubuh mereka.

“Jadi selama pandemi kemarin, anak-anak tetap berlatih di rumah. Agar tetap menjaga kemampuan tubuh mereka dalam mengendalikan papan skateboard. Perubahan kondisi tubuh, termasuk berat badan juga berpengaruh pada penguasaan papan skateboard,” ujarnya.

Menurutnya, pemain skateboard mesti rutin menjalankan latihan dasar seperti gerakan ollie atau teknikdasar menggemakan kaki untuk mengendalikan papan luncur. Termasuk teknik melaju, meloncat, memutar, mengerem, dan lain sebagainya.

“Kalau teknik ollie sudah dikuasai dengan baik, maka barulah gaya-gaya permainan di obstacle bisa dilatih dipelajari. Melatih penguasaan teknik ini cukup menguras tenaga dan kalori, tapi fokus dan konsentrasi juga bisa terssah,” ungkapnya. (azs)

https://www.youtube.com/watch?v=214FbTzFjWQ&t=8s
https://www.youtube.com/watch?v=UoT8laBQld8&t=4s
https://www.youtube.com/watch?v=3WwJjjRX0Xo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: