Bank Indonesia Bantu Sarana Pendukung Belajar SMPN 15 Kota Cirebon

Bank Indonesia Bantu Sarana Pendukung Belajar SMPN 15 Kota Cirebon

CIREBON - SMP Negeri 15 di Jalan Pasuketan Nomor 19, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, mendapatkan bantuan sarana prasarana pendukung dari Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Cirebon, Kamis (30/7). Bantuan tersebut berdasarkan hasil survei dan asesmen Tim Fungsi Koordinasi dan Komunikasi Kebijakan KPw Bank Indonesia Cirebon.

Bantuan yang diberikan berupa tiga unit laptop dan satu unit router. Selain itu Bank Indonesia secara simbolis juga menyerahkan hibah berupa satu set sofa dan dua lemari buku.

Bakti Artanta, Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Cirebon mengatakan, proses asesmen menjadi salah satu tahapan yang penting untuk pemberian bantuan program sosial Bank Indonesia. Tujuannya dalam rangka menjamin kinerja Bank Indonesia tetap sejalan dengan prinsip tata kelola lembaga bank sentral.

\"Bantuan ini dalam rangka Hari Ulang Tahun Bank Indonesia ke-67 dan dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75. Secara serentak di 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia memberikan bantuan sarana prasarana pendukung kegiatan belajar di 67 sekolah SMP dan SMA di seluruh Indonesia,\" katanya.

Bakti menuturkan, program sosial Bank Indonesia selain sebagai bentuk kepedulian juga diharapkan mampu menjadi salah satu perantara komunikasi kebijakan Bank Indonesia kepada masyarakat. 

Bakti menyambut baik berbagai unsur dalam dunia pendidikan. Tidak hanya di Kota Cirebon, namun juga di seluruh wilayah kerja Ciayumajakuning yang berminat untuk menghadirkan narasumber edukasi bank sentral di sekolahnya untuk menghubungi Kantor Perwakilan Bank Indonesia.

\"Edukasi ini masih dirasa perlu untuk diperluas. Sebab masyarakat awam dan pelajar terkadang masih belum memahami fungsi dan tugas Bank Sentral secara lebih spesifik,\" tuturnya.

Sementara, Nana Sukarna, Kepala SMP Negeri 15 Cirebon mengatakan, saat ini kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dalam jarak jauh (distance learning) memerlukan lebih banyak sarana pendukung pembelajaran.

\"Dengan bantuan dari Bank Indonesia di tengah terbatasnya sarana yang dimiliki SMPN 15 pada saat ini, maka bantuan sarana prasarana tersebut sangat membantu sekolah,\" ucapnya.

Irawan Wahyono, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon mengapresiasi kepedulian Bank Indonesia. Ia berharap nantinya kerja sama pemerintah daerah dan Bank Indonesia dapat terus terjalin dalam segala aspek termasuk di dalamnya kepedulian bidang pendidikan.

Menurut Irawan, sejak lama Bank Indonesia melalui program sosial Bank Indonesia telah melakukan beragam kegiatan kepedulian. Antara lain program pengembangan kapasitas ekonomi, beasiswa untuk PTN dan PTS di wilayah kerja Ciayumajakuning, hingga kepedulian sosial berupa pemberian sarana pendukung pendidikan mulai dari pojok baca PAUD hingga pojok baca BI Corner.

\"Berbagai program ini diharapkan akan dapat memberi nilai tambah yang mampu menciptakan SDM unggul dan memiliki daya saing tinggi,\" ungkapnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: