Kadin Dorong Kebangkitan UMKM

Kadin Dorong Kebangkitan UMKM

CIREBON - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Barat mendukung langkah pemerintah dalam menerima bangkitnya kembali perekonomian Jawa Barat. Sektor pertama yang mesti dikatrol untuk bangkit adalah UMKM. Hal tersebut disampaikan Ketua Kadin Provinsi Jawa Barat H Tatan Pria Sudjana, saat menyalurkan paket bantuan kepada ratusan para pelaku sektor UMKM di Kota Cirebon, Sabtu (8/7).

Tatan menjelaskan, Kadin Jabar bersama pemerintah Provinsi Jawa barat telah merumuskan sejumlah strategi kebijakan dalam mendorong kembali bangkitnya sektor perekonomian yang dimulai dari UMKM ini.

Menurutnya, UMKM adalah grass root (akar rumput) dari dunia perekonomian. Ibarat sebuah ladang yang saat ini sedang tandus akibat badai pandemi, UMKM adalah akar rumputnya. Untuk pemulihan ladang tersebut menjadi kembali hijau dan asri, maka perlu disiram dengan nutrisi pupuk yang dibutuhkan.

Setelah itu, rumput-rumput mulai kembali tumbuh dan berkembang. Ketika rumputnya sudah mulai asri, maka tumbuhan-tumbuhan di sekitarnya akan mulai bermunculan. Bahkan, pohon investasi juga akan tertarik untuk ditanamkan di ladang tersebut.

“Kami dan pemerintah provinsi Jawa barat telah menggandeng bank BJB untuk menyalurkan bantuan kredit dengan bunga ringan untuk disalurkan kepada sektor UMKM. Dari program yang digagas kementerian sosial, dan kementerian UMKM,” ujarnya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan berdiskusi dengan otoritas jasa keuangan mengenai polanya dana yang telah disediakan pemerintah tersebut agar dapat segera disalurkan oleh bank-bank dan lembaga keuangan uang ditunjuk, kepada para pelaku UMKM.

“Program tersebut penyalurannya disinkronkan dengan big data pelaku UMKM yang dimiliki Kadin Jawa Barat,” tuturnya.

Selain itu, pelaku UMKM juga harus dapat melakukan inovasi ekstensifikasi dan diversikasi usahanya, dengan mengoptimalkan potensi unggulan yang dimiliki daerahnya masing-masing. Di Jawa barat, yang menonjol adalah sektor Agriculture, agribisnis, pariwisata dan ekonomi kreatif. Serta pemanfaatan perkembangan teknologi informatika.

Ketua Kadin Kota Cirebon H Yuyun Wahyu Kurnia mengapresiasi program pemerintah yang menggandeng Kadin Jabar untuk menstimulasi para pelaku UMKM.

“Karena mayoritas para pelaku UMKM dimanapun terdampak dengan adanya pandemi ini, termasuk di kota Cirebon,” ungkapnya. Seperti diketahui saat ini sejumlah program bantuan langsung berupa komoditi maupun fresh money juga telah disalurkan oleh pemerintah. Dengan tujuan mempertahankan daya beli masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan dasar kesehariannya. Mereka diarahkan membelanjakannya untuk membeli kebutuhan dasar, yang tentunya dijual pada toko dan gerai-gerai UMKM pada lingkungan masyarakat terdekat. Dengan begitu ekonomi di tingkat mikro akan tetap berputar. (azs)

https://www.youtube.com/watch?v=BjiqmEZ04qk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: