Mahasiswa KKN Undip Edukasi Masyarakat Kota Cirebon Hidup Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Mahasiswa KKN Undip Edukasi Masyarakat Kota Cirebon Hidup Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

CIREBON - Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, yang seharusnya di desa sekitar, kini program digelar di masing-masing domisili mahasiswa. Hal itu karena masih berlangsungnya pandemi Covid-19.

Salah satunya, mahasiswa KKN Tim II Undip mengadakan sosialisasi terkait pencegahan Covid-19 di RT 002 / RW 013 Kelurahan Karyamulya, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, beberapa waktu lalu. Mereka melakukan sosialisasi dengan menyambangi rumah-rumah warga.

Mahasiswi Fakultas Kedokteran Undip 2017, Qintani Cantika Ismail menuturkan, kegiatan tersebut meliputi edukasi panduan gizi seimbang. Beberapa materi disampaikan, seperti penggunaan protokol kesehatan, pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, dan juga pola gizi seimbang.

\"\"
Mahasiswa KKN Undip memberi edukasi menu makanan bergizi seimbang yang dibagikan kepada masyarakat di Kota Cirebon.

Menurutnya, penerapan pola gizi seimbang dapat memberikan tubuh nutrisi yang cukup dan menjaga daya tahan tubuh. Pola gizi seimbang dapat diterapkan dengan makan-makanan yang beragam, yaitu makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah-buahan. Tak lupa juga, minum air putih minimal 8 gelas sehari guna menjaga sirkulasi darah.

\"Setelah diadakannya sosialisasi, warga masyarakat juga diberikan leaflet berisikan materi-materi yang telah disampaikan dan bantuan sosial serta nasi box sebagai bentuk contoh gizi seimbang pada warga dan tetap menetapkan protokol kesehatan,\" paparnya.

Tidak hanya memberikan panduan gizi seimbang, mahasiswa KKN Tim II Undip juga memberikan edukasi serta pelatihan mengenai cara mudah membuat handsanitizer dengan bahan alami. Serta membagikan bahan alami dari handsanitizer (terdiri dari alkohol 70%, lidah buaya, jeruk nipis) agar warga dapat mencobanya di rumah dan tetap menetapkan protokol kesehatan.

\"\"
Edukasi protokol pencegahan covid-19 dan pembuatan hand sanitizer oleh mahasiwa KKN Undip kepada masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Pemkot Cirebon Agus Mulyadi sangat mendukung adanya kegiatan sosialisasi terkait pencegahan Covid-19. Menurutnya, dengan adanya kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa Undip tersebut dapat membawa dampak yang positif.

Karena menurutnya, selain untuk menyebarkan informasi yang tepat kepada masyakarat, juga mengajarkan mahasiswa bagaimana berinteraksi langsung dengan warga sekitar.

“Harapanya, dengan diadakannya kegiatan KKN oleh Qintani mahasiswi Undip di masa pandemi ini dapat memberikan manfaat baik bagi masyarakat Kota Cirebon. Dan, semoga pandemi ini dapat segera berakhir,” imbuhnya. (*/opl)

Disusun oleh: Qintani Cantika Ismail
Dosen pembimbing: Arwinda Nugrahaeni SKM MEpid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: