Viral, Film Tilik Dibuat dengan Biaya Hanya Rp180 Juta

Viral, Film Tilik Dibuat dengan Biaya Hanya Rp180 Juta

FILM Tilik masih menjadi perbincangan masyarakat. Jalan ceritanya dianggap mewakili kehidupan masyarakat. Termasuk karakter Bu Tejo yang pembawaannya mampu menghadirkan polemik dalam cerita.

Film Tilik produksi Ravacana Film. Karya berdurasi 32 menitan itu merupakan film yang dibuat menggunakan Dana Keistimewaan (Danais) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebesar Rp180 juta.

Plt Kepala Dinas Kebudayan DIY, Sumadi mengatakan, film Tilik jadi salah satu dari beberapa yang memenangi Kompetisi Pendanaan Pembuatan Film Dinas Kebudayaan DIY 2018 silam. Sayembara ini ada untuk pengembangan sumber daya perfilman di daerah.

\"Semua seni budaya yang ada di DIY kita fasilitasi untuk pengembangannya, termasuk film. Semua potensi budaya,\" kata Sumadi.

Baca Juga:

Program ini ada sejak kisaran tahun 2012. Terhitung, 80an sudah judul film yang tercipta melaluinya.

\"Untuk biaya pembuatan sebuah film, berkisar Rp180 jutaan, murni dari Danais,\" jelas Mantan Sekda Kabupaten Sleman ini.

Namun, untuk mendapatkan pendanaan peserta wajib mengajukan proposal terlebih dahulu sebelum melewati seleksi ketat dan presentasi di dewan depan juri. Kemudian mengerucut dan berlanjut ke babak pitching.

Dinas Kebudayaan DIY tak memberikan batasan akan isu maupun tema, karena hanya bakal mematikan seni itu sendiri. Akan tetapi, diharapkan mampu menampilkan dinamika kehidupan khas DIY berikut nilai-nilai positifnya.

Dari Dinas Kebudayaan cuma sebatas mengawasi jangan sampai film yang diproduksi memaparkan hal negatif. Serta memberi izin penayangan berdasarkan persetujuan bersama penggarapnya. (yud)

Tonton video berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=HiuJ1yELW7Q

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: