Hasil Kinerja Solid Sepanjang Semester I 2020, Mandiri Syariah Cetak Laba 719 Miliar

Hasil Kinerja Solid Sepanjang Semester I 2020, Mandiri Syariah Cetak Laba 719 Miliar

Manajemen Mandiri Syariah mengakui selama masa pandemi terjadi shifting cara transaksi. Dari transaksi di cabang menjadi transaksi digital.Sehingga transaksi Mandiri Syariah Mobile dan Internet Banking Mandiri Syariah meningkat signifikan.

Fee based income (FBI) layanan digital naik signifikan 35,83%, dari Rp107,87 miliar per Juni 2019 menjadi Rp146,52 miliar pada Juni tahun ini. Kontribusi fee based income (FBI) layanan digital terbesar datang dari mobile banking yang melonjak 65,38% yoy dari Rp17,29 miliar per Juni 2019 menjadi Rp28,60 miliar per Juni 2020. 

Hingga Juni 2020, user dan transaksi melalui Mandiri Syariah Mobile (MSM) juga terus naik mencapai 1,25 juta user. Naik 93,89% year on year dengan jumlah transaksi melonjak hingga 19,49 juta transaksi.

Termasuk transaksi buka rekening online (burekol). Inovasi pembukaan rekening online pertama yang dimiliki bank syariah di Indonesia ini mencatat kenaikan yang signifikan, dengan 18.000 pembukaan rekening per bulan. Angka ini juga menunjukkan bahwa sebanyak 36% nasabah baru melakukan pembukaan rekening secara online.

Sebagai bentuk dukungan pada nasabah terdampak Covid-19, Mandiri Syariah memberikan solusi dengan membentuk pola dan skema restrukturisasi bersama bagi nasabahnya. Hingga saat ini Mandiri Syariah telah memberikan restrukturisasi pembiayaan senilai Rp7,1 triliun kepada  lebih dari 29.000 nasabah di seluruh Indonesia. Di mana 42% di antaranya merupakan nasabah segmen UMKM. 

Toni menambahkan, hingga saat ini proses restrukturisasi masih terus berjalan sesuai regulasi POJK No.11/POJK.03/2020.

“Tidak dapat dipungkiri pandemi ini menjadi tantangan bagi semua pihak. Debitur, kreditur, bank, para nasabah kami, perusahaan besar atau kecil tidak terkecuali. Oleh karena itu, di tengah kondisi ini, kami yakin bahwa untuk Mandiri Syariah bisa survive dan sustain, maka kami harus menjaga nasabah survive dan sustain juga,” katanya.

Adapun sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dan umat, Mandiri Syariah telah menyalurkan beberapa bantuan Covid-19. Di antaranya 2.500 alat pelindung diri (APD) dan 100 ribu masker kepada 105 rumah sakit rujukan Covid-19. Kemudian 26.600 paket bahan pangan kepada masyarakat terdampak Covid-19, dan 3 ton beras sehat kepada panti asuhan, dan lainnya. 

Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Mandiri Syariah berkomitmen akan terus menjaga protokol kesehatan bagi nasabah dan pegawai. Serta gencar mengimbau nasabah untuk shifting ke transaksi digital.

“Insya Allah ke depan, kami akan terus memperkuat layanan, meningkatkan inovasi, buka mata, buka telinga agar tetap update, aware, peka serta tanggap terhadap kebutuhan nasabah baik hari ini dan di masa depan, \" pungkas Toni. (hsn/rls)

https://youtu.be/xq3j1noiJ3s

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: