Mulai Hari Ini Dianjurkan Puasa Tasua dan Asyura, Berikut Lafal Niatnya

Mulai Hari Ini Dianjurkan Puasa Tasua dan Asyura, Berikut Lafal Niatnya

MUHARRAM merupakan salah satu bulan yang haram (asyhurul hurum). Dalam Muharram terdapat hari mulia, yaitu Asyura; hari kesepuluh.

Bagi umat Islam, pada hari Asyura sangat dianjurkan untuk berpuasa. Dilansir dari NU Online, Nabi Muhammad Saw bersabda, “Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulannya Allah, Muharam,” HR Muslim.

Riwayat lain dari sahabat Abdullah bin Abbas radliyallahu \'anh beliau berkata: “Tatkala Nabi Muhammad Saw datang ke kota Madinah, beliau mendapati kaum Yahudi sedang berpuasa di hari Asyura, lantas beliau bersabda kepada mereka, \'Hari apa yang kalian sedang berpuasa ini?\'

Mereka menjawab, \'Hari ini adalah hari yang agung. Allah menyelamatkan Musa dan kaumnya pada hari ini dan menenggelamkan Fir’aun beserta pasukannya. Maka Musa berpuasa pada hari ini sebagai rasa syukur dan kami turut berpuasa.’

Maka Rasulullah Saw bersabda, \'Maka kami dengan Musa lebih berhak dan lebih utama daripada kalian.’ Maka Rasulullah saw berpuasa dan memerintahkan berpuasa.” HR Bukhari dan Muslim.

Baca juga:

Mulai Hari Ini Puasa Ayyamul Bidh, Ini Riwayat dan Keutamaannya

Tak hanya puasa Asyura yang dianjurkan, puasa Tasua (hari kesembilan dari bulan Muharam) dan hari kesebelas juga diperintahkan Nabi Muhammad Saw untuk berpuasa. Hal ini guna untuk membedakan antara ritual ibadah umat Islam dengan kaum Yahudi.

Diriwayatkan oleh sahabat Abdullah bin Abbas radliyallahu \'anh beliau berkata: “Nabi Muhammad Saw bersabda, \'Jika aku masih hidup hingga tahun depan, pasti aku akan berpuasa pada hari kesembilan’,” HR Muslim. Namun, Rasulullah Saw wafat sebelum Muharam tahun berikutnya.

Berikut adalah lafal niat puasa Tasua:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnatit Tasu‘a lillahi ta‘ala.

Artinya: Aku berniat puasa sunah Tasu‘a esok hari karena Allah SWT.

Jika niat puasa Tasua tersebut diucapkan setelah terbitnya fajar, maka lafalnya adalah sebagai berikut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: