Satpol PP Tingkatkan Kapasitas Linmas

Satpol PP Tingkatkan Kapasitas Linmas

CIREBON - Tensi politik di desa bakal naik lagi tahun depan. Hal ini karena ratusan desa di Kabupaten Cirebon bakal menggelar pemilihan kuwu (pilwu) serentak. Untuk memastikan pelaksanaan pilwu kondusif, Satpol PP Kabupaten Cirebon mulai melakukan tahapan-tahapan.

Kabid Linmas Satpol PP Kabupaten Cirebon, Sisyanto menuturkan meskipun anggaran pelatihan dan pembinaan Linmas di Satpol PP sudah terkoreksi untuk penanganan pandemi, namun pihaknya tetap melakukan pembinaan dengan berbagai cara agar kapasitas dan skill linmas berkualitas.

\"Kita awalnya ada anggaran untuk pelatihan, tapi terkoreksi untuk penanganan Covid-19. Meskipun tanpa anggaran untuk pelatihan kita tetap lakukan pembinaan dan pelatihan dengan berbagai cara,\" ujarnya.

Ditambahkannya, di tahun ini pihaknya sudah mengadakan beberapa kali pelatihan. Salah satunya dengan menggandeng kecamatan yang menganggarkan kegiatan dari alokasi dana pagu indikatif kewilayahan (PIK).

\"Kemarin-kemarin kita lakukan pelatihan. Kan ada beberapa kecamatan yang menganggarkan untuk peningkatan kapasitas Linmas,\" ujarnya.

Menurut Sisyanto, materi pelatihan yang dilakukan sendiri meliputi baris berbaris, senam tongkat dan beberapa keahlian lainnya.

\"Momen terdekat itukan Pilwu serentak, kita ingin Linmas punya peran besar untuk mengawal pelaksanaan Pilwu serentak agar aman dan kondusif,\" imbuhnya.

Disampaikannya, linmas harus bisa menganalisa potensi-potensi kerawanan yang muncul dan semaksimal mungkin serta mendeteksinya agar lingkungan tetap kondusif.

\"Yang terdekat mungkin bisa mulai melakukan sosialisasi, menyampaikan beberapa hal yang menjadi program pemerintah. Memberikan informasi kepada masyarakat agar tidak terjerat persoalan hukum,\" ungkapnya. (dri)

https://www.youtube.com/watch?v=VBnQiomTi0w

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: