Mengenal Kanker Usus, Penyebab Raja Wakanda dan Sultan Sepuh XIV Meninggal Dunia

Mengenal Kanker Usus, Penyebab Raja Wakanda dan Sultan Sepuh XIV Meninggal Dunia

CIREBON - Kanker usus menjadi penyebab Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon, Arief Natadiningrat tepat 40 hari yang lalu. Penyakit yang sama, juga merenggut nyawa Raja Wakanda, Chadwick Boseman yang baru berusia 43 tahun.

Melansir Mayo Clinic, kanker usus jamak menyerang orang berusia lanjut. Namun, terkadang kanker ini juga menyerang orang berusia lebih muda.

Kanker usus biasanya timbul dari benjolan kecil jinak atau polip yang tumbuh di bagian dalam usus besar. Seiring berjalannya waktu, polip berkembang menjadi kanker.

Salah satu ciri kanker usus adalah sakit perut yang tidak biasa dan terus menerus. Pada beberapa gejala, feces terdapat darah. Ciri lainnya adalah; berat badan merosot, anemia tanpa sebab, muntah, dan BAB selalu bermasalah.

Baca Juga:

Saat masih berbentuk polip atau belum berkembang menjadi kanker, banyak orang tidak merasakan gejala penyakitnya. Namun, penyakit ini bisa dicegah dengan pemeriksaan usus secara berkala.

Dengan begitu, ketika ada polip, dokter bisa segera mengambil tindakan sebelum berkembang menjadi kanker.

Seperti diketahui, Chadwick Boseman meninggal dunia pada Jumat (28/8/2020) waktu Amerika Serikat pada usia 43 tahun.

Aktor pemeran Black Panther itu meninggal karena kanker usus besar yang dideritanya selama 4 tahun. Kepergiannya pun menyisakan duka mendalam bagi keluarga, teman, dan para penggemar. (yud)

Tonton video berikut:

https://youtu.be/o6HATm57wZY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: